Pemilih di Kulonprogo Berkurang 142 Orang

Ilustrasi Pemilu - JIBI
21 Maret 2019 10:47 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) terakhir menjelang pemilu April nanti. Dari pleno tersebut diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) berkurang 142 orang.

Ketua Divisi Perencanaan dan Data Informasi KPU Kulonprogo, Yayan Mulyana mengatakan setelah merekap hasil DPTb di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pihaknya menggelar pleno penetapan DPTb pada Rabu (20/3/2019).

Hasil dari pleno tersebut, total ada DPTb masuk sebanyak 1.743 orang. Sementara DPTb yang keluar ada 1.315 orang. "Jadinya, DPT di Kulonprogo berkurang 142 orang," ujar Yayan.

Yayan mengatakan, setelah penetapan DPTb terakhir itu, KPU sudah menutup peluang adanya pemilih tambahan. "KPU juga sudah menutup pelayanan A5 atau pindah memilih pada kemarin Minggu [17/3/2019]," katanya

Ia mengatakan, pihak KPU Kulonprogo sudah melakukan berbagai upaya perbaikan data pemilih di Kulonprogo. Data DPT sebelum berkurang yaitu 334.893 orang. Lalu setelahnya menjadi 334.751.

Ketua KPU Kulonprogo, Ibah Muthiah mengatakan, pihaknya juga memberikan pelayanan pindah memilih atau A5. "Di beberapa lokasi yang memungkinkan adanya penambahan pemilih untuk mengajukan pindah memilih bahkan kami sudah buat posko A5 seperti di lokasi pembangunan Bandara NYIA [New Yogyakarta International Airport]," ujarnya.