Advertisement

Ada 7 TPS Rawan di Gunungkidul, Ini yang Dilakukan TNI Polri…

David Kurniawan
Jum'at, 22 Maret 2019 - 21:17 WIB
Sunartono
Ada 7 TPS Rawan di Gunungkidul, Ini yang Dilakukan TNI Polri… Warga mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS). - Bisnis/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI – Sedikitnya tujuh tempat pemungutan suara (TPS) di Gunungkidul masuk kategori rawan dalam pemilu. Hasil pemetaan ini dijadikan dasar oleh jajaran Polres Gunungkidul untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady mengatakan, penetapan tujuh TPS masuk kategori rawan mengacu pada hasil pemetaaan yang dilakukan pihak kepolisian. Hanya saja, ia enggan memaparkan terkait dengan detail TPS tersebut.

Advertisement

“Sudah kami petakan dan ada beberapa indikator dalam penentuan TPS rawan, tapi untuk lokasi kami tidak sebutkan agar tidak menyebabkan kegaduhan di masyarakat,” kata Fuady kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Dia menjelaskan, ketujuh TPS ini akan mendapatkan pengamanan lebih ketat ketimbang TPS lainnya. Selain itu, hasil pemetaan ini juga dijadikan dasar untuk pengamanan dari mulai pelaksanaan kampanye terbuka hingga akhir tahapan pemilu. Untuk pengamanan sebanyak 745 personel telah disiapkan guna memastikan keamanan dan ketertiban selama tahapan pemilu berlangsung.

“Kami sudah siap. Rencananya Jumat [22/3] akan menyelenggarakan apel siaga. Kami juga akan menggelar simulasi pengamanan pemilu apabila terjadi rusuh,” ungkapnya.

Fuady menambahkan, pihaknya juga berkomitmen untuk pengamanan pelaksanaan kampanye terbuka. Selain terus melakukan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu, pihaknya juga mengimbau kepada parpol untuk mengawasi seluruh kader dan simpatisan selama kampanye terbuka berlangsung. “Akan lokalisir sehingga tidak ada potensi pertemuan antar pendukung dari partai berbeda. Selain itu, kami juga akan menindak tegas setiap kendaraan yang tidak mematuhi aturan tata terti lalu lintas,” imbuhnya.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Anang Prastawa mengatakan, pihaknya akan memperketat pengamanan di wilayah perbatasan dengan Jawa Tengah. Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi mobilisasi menuju wilayah Kota Solo.

“Di dalam pemilu Kota Solo masuk daerah rawan sehingga kami ikut berjaga untuk mencegah adanya mobilisasi massa menuju ke sana. Jadi, kita persiapkan personel di wilayah perbatasan untuk bersiapsiaga,” katanya.

Dandim 0730 Gunungkidul Letkol Inf Nopi Laksana Armyanto mengatakan komitmennya untuk menjaga pelaksanaan Pemilu 2019 di Gunungkidul berjalan dengan aman dan lancar. Ia pun menyiapkan personel untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat selama penyelenggaraan pemilu berlangsung.

“Keamanan dan kelancaran dalam pemilu merupakan tanggung jawab bersama. Jadi, kami siap membantu dalam upaya menjaga keamanan selama pemilu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement