Aksi Cepat Tanggap Luncurkan Humanity Food Truck 2.O

Walikota Jogja, Haryadi Suyuti dan Vice President ACT, Ibnu Khajar saat meresmikan Humanity Food Truck 2.O di halaman Balaikota Jogja, Jumat (22/3/2019). - Siti Zulaikha (M126)
23 Maret 2019 14:47 WIB Siti Zulaekha Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama tim, pada Jumat (22/3/2019) meluncurkan Humanity Food Truck 2.O di halaman Balaikota Jogja. Setelah Salat Jumat, Haryadi Suyuti selaku Walikota Jogja dan Ibnu Khajar sebagai Vice President ACT hadir meresmikan Humanity Food Truck 2.O yang juga dihadiri oleh masyarakat penerima manfaat.

Humanity Food Truck 2.O merupakan food truck kedua dari program Global Zakat-ACT yang akan memberikan layanan makan gratis di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Peresmian Humanity Food Truck 2.O dilanjutkan dengan test food. Suyuti berharap, masyarakat yang makan nasi boks di tempat lebih banyak daripada yang dibawa pulang. Tujuannya agar para koki  ikut senang melihat makanannya disantap bersama.

“Jangan sampai masyarakat yang nunggu [antre] sama yang makan, lebih lama yang nunggu [antre]. Yang panas bukan sayurnya, orangnya yang kepanasan. Makannya tolong yang cepat, namanya juga cepat tanggap. Cepat itu, ya cepat. Kalau tanggap itu istilah dalam bahasa Jawa tanggap sasmito,” papar Suyuti dalam sambutannya yang disampaikan dengan bahasa Jawa bercampur bahasa Indonesia itu, Jumat.

Kehadiran Humanity Food Truck merupakan salah satu bentuk implementasi zakat dari masyarakat yang dikelola ACT. Keberadaan armada baru ini  menjadi ikhtiar ACT dalam memaksimalkan layanan zakat dan meningkatkan kualitas layanan zakat.

Humanity Food Truck digagas untuk memberikan layanan terbaik secara masif dan aktif. Sebab itu, armada Humanity Food Truck harus mampu memberikan layanan terbaik secara mobile untuk menjangkau para mustahik di berbagai wilayah. 

“Persoalan pangan bagi fakir miskin adalah permasalahn serius. Humanity Food Truck memastikan, para penerima manfaat adalah orang-orang yang berhak atas dana zakat. Hal itu harus diikuti dengan pemahaman bukan sekedar memberikan hak, tetapi juga memberi layanan terbaik,” terang Ibnu, Jumat.

“Kami berharap food truck ini bisa melayani dengan sebaik-baiknya masyarakat yang membutuhkan. Kami berharap, dengan diberikannya layanan ini, kami dapat memberikan inspirasi dengan sebanyak-banyaknya orang, bahwa melayani masyarakat harus dilakukan dengan cara-cara yang mulia, cara yang terhormat, dan cara yang terbaik,” papar Ibnu dalam pidato sambutannya.

Ibnu juga menyampaiakn bahwa, food truck ini sengaja didedikasikan untuk masyarakat dan dihadirkan chef yang bukan hanya sekedar bisa memasak, tetapi beliau adalah chef untuk hotel bintang lima. Perlengkapan untuk memasak yang ada di Food Truck ini merupakan perlengkapan memasak standar hotel bintang lima.

“Menu yang kami sajikan di sini merupakan menu yang bervariasi yang sudah kami tentukan kadar gizinya. Mulai dari protein, karbohidrat, dan lain sebagainya kita sajikan di sini,” terang Jonie Kusumahadi selaku koki food truck.

Hanum, salah satu masyarakat yang turut hadir pada acara test food menyampaikan kepada kami bahwa makanan yang dibagikan dari Food Truck rasanya enak dan menu yang disajikan pun juga sudah seimbang antara gizi dan vitaminnya.

“Untuk yang mau menjadi donatur dapat langsung datang ke kantor ACT DIY. Nanti bertemu dengan tim partnership dari ACT DIY, lalu akan diberikan arahan dan eksekusinya bagaimana,” jelas Laila dari tim partnership ACT DIY.