Garuda UNY Akan Berlaga dalam Kompetisi Mobil Hemat Energi di Malaysia

Manajer tim Shell Eco Marathon 2019, M.Nurdin Wahid (berdiri) sedang menjelaskan sejumlah perombakan dan perbaruan pada mobil Tim Garuda, di Griya Harian Jogja, Rabu (27/3/2019). - Harian Jogja/Nugroho Nurcahyo
28 Maret 2019 11:37 WIB Uli Febriarni Jogja Share :


Harianjogja.com, JOGJA-Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan kembali berlaga dalam kompetisi mobil hemat energi Shell Eco Marathon (SEM) Asia, di Sirkuit Sepang, Malaysia, 29 April 2019.

Manajer tim Shell Eco Marathon 2019, M.Nurdin Wahid mengungkapkan, dalam kompetisi kali ini, tim yang membawa mobil berkapasitas 125 cc itu, menargetkan bisa meraih prestasi dari sejumlah kategori. Mulai dari 1st Communication Award, 1st Safety Award, 1st Urban Internal Combustion Engine (ICE), 1st Drivers World Championship (DWC) regional Asia.

"Apabila kami berhasil di Sepang, maka akan ada proses seleksi lagi hingga terpilih tiga tim. Untuk mewakili Asia dalam kompetisi final di tingkat dunia," ungkapnya, saar beraudiensi di Griya Harian Jogja, Rabu (27/3/2019).

Sejumlah tantangan telah dijadikan catatan oleh tim. Tahun ini, ada sejumlah perbaruan pada mobil milik Tim Garuda, yang menerapkan hasil riset terbaru mereka. Riset yang dibiayai dana mencapai sekitar Rp100 juta itu, dilakukan mendasarkan poin-poin yang mereka anggap kelemahan saat mengikuti ajang yang sama pada 2018.

"Body mobil kami baru, komponen wiper pada kaca yang sebelumnya bergerak datar, kami ganti dengan wiper yang dapat bergerak fleksibel. Di bagian tubuh mobil juga begitu, ada yang kami perbarui," paparnya.

Mobil yang akan dikompetisikan sudah berada di Semarang untuk selanjutnya dikirim ke Malaysia. Sedangkan untuk anggota tim, ada sekitar 10 orang yang masuk dalam tim inti dan dua tim support.

"Kami juga mengharapkan dukungan segenap masyarakat agar kami berhasil," ungkapnya.

Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo mengaku senang, melihat Harian Jogja bisa mendukung langkah Tim Garuda kembali melaju di kompetisi internasional.

Ia berharap, kehadiran Tim Garuda ke sirkuit lomba, bisa membangun citra positif, membawa harum nama UNY dan menambah prestasi yang sudah ada sebelumnya.