Beraksi di Sleman, Jambret dari Bantul Digulung

Ilustrasi penangkapan - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
01 April 2019 19:37 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Penjambret asal Dusun Pelem Kidul, Desa Baturetono, Kecamatan Bantul ditangkap jajaran Unit Reskrim polsek Prambanan bersama Tim Opsnal Reskrim Polres Sleman di Jalan Piyungan-Prambanan.

Kapolsek Prambanan Kompol Rini Anggraini mengatakan penjambret yang ditangkap tersebut berinisial YL, 28. Penangkapan itu, kata dia, berawal dari laporan dari korban Fajar Ismail, 22, warga Jalan Damai, Jatiwaringin, Pondok Bekasi. “Pada Sabtu (9/3) sekitar pukul 22.30 WIB, korban bersama temannya yang bernama Janita Galuh Pratiwi, baru pulang dari berwisata di Tebing Breksi,” kata Kapolsek, Senin (1/4/2019).

Lalu, kata Kapolsek, sesampainya di Jalan Piyungan-Prambanan, tepatnya di depan parkir Candi Ratu Boko, pelaku memepet kendaraan korban dan langsung menjambret tas yang dibawa korban yang berisi ponsel, kartu ATM, dan STNK. “Saat itu, korban sempat berusaha mengejar, namun pelaku memacu motornya dengan kencang sehingga korban kehilangan jejak. Korban lalu mendatangi Polsek Prambanan untuk melaporkan kejadian yang ia alami,” ujar Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan dari laporan tersebut, petugas kemudian meminta keterangan korban dan saksi serta melakukan olah tempat kejadian perkara. “Setelah mengantongi ciri-ciri pelaku, kami kemudian melakukan penyelidikan hingga akhirnya pelaku berhasil kami amankan saat berada di rumahnya, pada Minggu (31/3/2019) sekitar pukul 05.30 WIB,” ucap Kapolsek.

Selain menangkap pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Yamaha Vixion, helm, dan jaket yang digunakan pelaku saat beraksi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku saat ini mendekam di Mapolsek Prambanan dan akan dijerat Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan.