Advertisement

Pemkab Sleman Buka Pendaftaran Operasi Katarak Gratis untuk 50 Orang

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 03 April 2019 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
 Pemkab Sleman Buka Pendaftaran Operasi Katarak Gratis untuk 50 Orang Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Guna memperingati Hari Jadi Kabupaten ke-103, Pemerintah Kabupaten Sleman akan mengadakan beberapa kegiatan bakti sosial. Salah satu kegiatan bakti sosial tersebut diantaranya operasi katarak gratis.

Koordinator Baksos operasi katarak HUT ke 103 Kabupaten Sleman, Widya Prafitri, menjelaskan bahwa kegiatan ini bakal dilaksanakan di RSUD Sleman pada hari Sabtu dan Minggu, 6-7 April. Adapun untuk pendaftaran akan ditutup pada hari Jum’at (5/4/2019).

Advertisement

Menurut Widya, rangkaian operasi katarak ini dimulai dengan pemeriksaan awal (screening katarak) pada tanggal 6 April mulai pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan pelaksanaan operasi pada tanggal 7 April mulai pukul 07.00 WIB hingga selesai.

“Nantinya dari hasil pemeriksaan awal akan diketahui pasien yang memerlukan penanganan lebih lanjut melalui operasi katarak dan kita memberikan kuota untuk 50 pasien,” jelas Widya.

Widya mengatakan bahwa kegiatan baksos ini perlu dilaksanakan karena berdasarkan survei indera penglihatan angka kebutaan di Indonesia pada tahun 2013 adalah sebesar 0,9%.

“Operasi katarak ini nantinya diharapkan dapat mengurangi jumlah penderita katarak dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sleman,” tuturnya.

Kegiatan ini direncanakan akan dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, pada Minggu (7/4/2019) dengan didampingi tim Bakti Sosial Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-103.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement