Advertisement

UGM Masuk 50 Besar Dunia Universitas yang Berdampak kepada Masyarakat

Uli Febriarni
Senin, 08 April 2019 - 18:32 WIB
Budi Cahyana
UGM Masuk 50 Besar Dunia Universitas yang Berdampak kepada Masyarakat Logo UGM. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih peringkat University Impact Ranking 2019. Peringkat tersebut diberikan untuk perguruan tinggi di dunia atas dampaknya kepada masyarakat luas.

Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) UGM , Hatma Suryatmojo, menjelaskan pemeringkatan itu dirilis Times Higher Education (THE) majalah mingguan asal London yang melaporkan berita dan isu terkait pendidikan tinggi dunia pada Kamis (4/4/2019).

Advertisement

Dalam daftar tersebut, UGM masuk peringkat 50 besar dunia untuk indikator SDGs Decent Work and Economic Growth, serta peringkat 70 besar untuk indikator SDGs Gender Equality.

Hatma menjelaskan standar yang dipakai THE dalam menyusun pemeringkatan, berbasis pada 11 dari 17 indikator SDGs oleh Persatuan Bangsa-bangsa (PBB). Dari keseluruhan indikator, UGM berada di peringkat 101-200. “Ini merupakan pengakuan dunia atas kualitas UGM,” kata dia, di tengah kegiatan Mancing Bareng UGM dengan Wartawan di PIAT UGM, Berbah, Sleman, Minggu (7/4).

Ia menilai, pengakuan tersebut penting bagi sebuah universitas. Sebab, dengan pengakuan tadi, sebuah universitas akan lebih tampak eksistensinya di mata dunia. Jika mendapat peringkat yang baik, maka akan banyak mendatangkan mitra strategis untuk semakin meningkatkan kualitas universitas.

Survei yang dilakukan THE berbeda dengan survei dari lembaga lain. Jika lembaga lain hanya menilai dari sebanyak apa kerja yang dilakukan universitas dalam setahun, maka THE menilai dampak dari kerja tersebut.

Survei pemeringkatan THE dilakukan secara acak. THE melakukan survei dengan melihat siapa saja yang ada kaitannya dengan UGM, baik langsung maupun tidak langsung. Sehingga, sampel yang diambil tidak hanya dari sivitas akademika yang aktif, melainkan dari mitra dan alumni.

Kendati demikian, kata Hatma,  UGM tidak bisa berpuas diri dan berharap, seluruh sivitas UGM bersama-sama mendorong peningkatkan performa tiap indikator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement