Advertisement

Daerah Tak Mampu Normalkan Harga Bawang

Kiki Luqmanul Hakim (ST16)
Selasa, 09 April 2019 - 09:57 WIB
Sunartono
Daerah Tak Mampu Normalkan Harga Bawang Pedagang bawang putih di Pasar Beringharjo, Darsinah, menunggu pelanggan, Senin (25/3)./ Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Dinas Perdagangan Bantul tidak mempunyai upaya tertentu untuk mengatasi kenaikan harga bahan pokok, khususnya pada bawang merah serta bawang putih.

Pada minggu ini harga bawang putih yang biasanya dibandrol dengan harga Rp13.000/kg mengalami kenaikan hingga Rp30.000 per kilogram. Sedangkan harga bawang merah yang biasanya hanya Rp25.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram.

Advertisement

“Untuk bawang putih sendiri memang sedang naik-naiknya. Itu yang sampai 30.000 bawang putih yang jenisnya sin chung. Bawang putih sendiri pasokannya memang kurang kata para pedagang, jadi harganya naik, sedangkan yang kating bisa sampai 40.000,” kata Kasi Distribusi dan Harga Barang Kebutuhan pokok, Handayani, ketika ditemui Harian Jogja pada Senin (8/4/2019).

Menurut Handayani pasokan bawang putih di Indonesia berasalkan dari impor dan sedangkan pasokan dari lokal seperti Wonosobo tidak bisa mencukupi kebutuhan. Sehingga bawang puth diharuskan impor.

“Bawang putih sendiri kan pada umumnya memang impor, sedangkan pasokan yang tidak impor enggak bisa mencukupi kebutuhan, makanya kita harus impor. Kami sebagai Dinpag Kabupaten juga tidak bisa apa-apa, kita hanya melakukan pantauan saja,” ujarnya.

Sedangkan masalah kenaikan harga di bawang merah dipengaruhi oleh faktor cuaca yang buruk sehingga hasil panen para petani banyak yang kurang baik dan menyebabkan pasokan semakin sedikit. Jika pasokan semakin sedikit maka harganya juga naik.

“Kami juga belum bisa memprediksi kapan harga-harga bahan pokok itu bisa normal lagi, apalagi ini mau bulan puasa. Kami hanya menunggu kebijakan dari pusat dan kami tidak bisa melakukan apa-apa untuk menormalkan harga tersebut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement