Advertisement

85 Perusahaan Dikumpulkan oleh Pemkab Sleman, Ini Tujuannya

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 09 April 2019 - 19:07 WIB
Arief Junianto
85 Perusahaan Dikumpulkan oleh Pemkab Sleman, Ini Tujuannya Ilustrasi investasi. - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Guna terus menggenjot angka investasi di Bumi Sembada, Pemkab Sleman mengumpulkan perwakilan dari 85 perusahaan yang bercokol di Sleman. Melalui forum yang diberi tajuk Forum Komunikasi Investasi dan diinisiasi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu (DPMPPT) Kabupaten Sleman tersebut, para pelaku usaha diharapkan bisa lebih fokus pada arah serta kebijakan penanaman modal yang ditetapkan oleh Pemkab Sleman.

"Selain itu, melalui forum ini, kami juga sekaligus menyosialisasikan soal penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) secara online," kata Sekretaris Dinas DPMPPT, Triana Wahyuningsih di sela-sela acara Forum Komunikasi Investasi yang digelar di The Rich Hotel, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Selasa (9/4/2019).

Advertisement

Selain mendorong perusahaan untuk menghasilkan produk baik barang maupun jasa yang lebih berkualitas, melalui forum tersebut, diharapkan pula perusahaan yang ada di Sleman mampu menyediakan lebih banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Triana juga berharap forum tersebut juga berdampak pada alih teknologi, keterampilan manajemen, dan nilai tambah ekonomis bagi daerah sekaligus meningkatkan income perkapita masyarakat. “Dalam forum ini pelaku usaha juga diharapkan mengetahui bagaimana melengkapi salah satu pemenuhan komitmen permohonan izin usaha melalui Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) yaitu Sertifikat Laik Fungsi (SLF),” kata Triana yang hadir mewakili Kepala DPMPPT Sleman Sutadi Gunarto.

Bupati Sleman, Sri Purnomo menegaskan Kabupaten Sleman sangat berpotensi bagi pengembangan usaha-usaha kreatif. Sleman, kata dia, memiliki berbagai potensi ekonomi yang masih terbuka lebar dan menarik investor untuk mengembangkan investasi di berbagai bidang usaha.

Disinggung soal nilai investasi, Bupati menjelaskan pada tahun lalu, jumlah unit usaha penanaman modal asing (PMA) mencapai 80 unit dengan nilai investasi mencapai US $193,83 juta atau sekitar Rp2,7 triliun. Sedangkan jumlah unit usaha penanaman modal dalam negeri (PMDN), tahun lalu diakui dia mencapai 88 unit usaha dengan nilai investasi mencapai Rp5,58 triliun.

Melalui Forum Komunikasi Investasi, dia berharap dapat meningkatkan komunikasi antara pemerintah dan pelaku usaha serta pemfasilitasian penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha. “Saya juga mengajak para pelaku usaha untuk semakin mengenal potensi di Sleman yang masih belum tergali secara optimal, dengan harapan potensi tersebut memperoleh kesempatan untuk berkembang,” kata Sri Purnomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilgub Jakarta 2024, Demokrat Bakal Calonkan Dede Yusuf

News
| Jum'at, 19 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement