Advertisement

Wow Seru, Taman Pintar Ada Zona Kebaikan Air

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 10 April 2019 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wow Seru, Taman Pintar Ada Zona Kebaikan Air

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Taman Pintar Jogja saat ini semakin menarik. Wahana permainan anak di Jogja ini kini dilengkapi dengan zona kebaikan air.

Zona Kebaikan Air itu resmi dibuka oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang diwakilkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Jogja, Kadri Renggono .

Advertisement

Zona ini dibuat semakin interaktif dengan dilengkapi berbagai area edukasi seperti: area edukasi PIJAR (Pilih, Jaga & Rawat) yang memberikan pengetahuan bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas aira, a rea edukasi l apisan tanah, lapisan k edap air &  ir t anah dalam, area edukasi sumber air, area gerakan AMIR (Ayo Minum Air) & edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh, serta area edukasi #BijakBerplastik yang menjelaskan bagaimana kita dapat mengelola plastik secara bijak.

Berbagai area dalam zona tersebut diharapkan dapat memberikan edukasi kepada anak-anak bukan hanya mengenai kebaikan air dan pentingnya pemenuhan hidrasi sehat namun juga diharapkan mampu memberikan edukasi seputar pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah plastik secara bijak .

Terkait hal tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Jogja, Kadri Renggono mengatakan, Taman Pintar dengan berbagai zona yang ada di dalamnya terus melakukan pengembangan teknologi dan pembaruan dengan konsep yang menyenangkan dan mendidik agar tidak membosankan.

"Oleh karena itu, kami sangat mendukung upaya pembaruan seperti yang dilakukan oleh Danone-AQUA, agar dapat memberikan pengetahuan kepada anak-anak dengan cara yang menarik dan menyenangkan terutama tentang pentingnya air untuk kebaikan hidup dan juga mengajarkan sejak dini tanggung jawab untuk pengelolaan sampah plastik.” ujarnya dalam siaran persnya.

Pada Desember 2018 lalu, kunjungan wisatawan ke Taman Pintar telah menembus angka satu juta pengunjung. Menurut Haryadi Suyuti, dengan adanya pembaruan zona-zona seperti Zona Kebaikan Air ini, kami optimis kedepannya angka kunjungan ke Taman Pintar akan terus meningkat dan menjadi salah satu destinasi wisata anak dan keluarga sekaligus wisata edukasi populer di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Sementara itu, Marketing Manager PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), Jeffri Ricardo mengatakan sebagai merek kelahiran Indonesia, selama lebih dari 46 tahun Danone-AQUA selalu berusaha memberikan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Hal ini sejalan dengan visi Danone, ‘One Planet One Health’,  untuk mendukung kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat.”

“Taman Pintar sebagai wahana rekreasi edukasi merupakan tempat strategis untuk memberikan edukasi sekaligus mendorong gaya hidup sehat, pemenuhan hidrasi sehat, serta tidak lupa pentingnya menjaga kesehatan lingkungan kepada anak-anak sejak usia dini,” tambah Jeffri Ricardo.

Pada kesempatan yang sama, Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), dr. Tria Rosemiarti turut menjelaskan pentingnya menjaga pemenuhan hidrasi yang sehat sejak usia dini. dr.

“Kami menyadari bahwa pemberian edukasi pada anak sejak usia dini tentang manfaat dan kebaikan air serta berperilaku yang baik dan benar untuk pemenuhan hidrasi sehat sangat penting , agar di masa mendatang mereka akan terus melakukan kebiasaan baik ini, untuk mengurangi risiko dampak negatif akibat kurangnya pemenuhan hidrasi yang sehat. Karena itu, kolaborasi secara berkelanjutan antara Danone-AQUA dan Taman Pintar terus dilakukan untuk menyediakan zona yang dapat mengedukasi anak-anak dan masyarakat, serta mendorong kebiasaan minum air guna membantu meningkatkan taraf kesehatan di Indonesia.”

“Dalam Zona Kebaikan Air terbaru ini, kami juga menyediakan modul-modul tentang program gerakan Ayo Minum Air (AMIR) yang merupakan program kerjasama antara Indonesia n Hydration Working Group -Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan Danone-AQUA, yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan hidrasi sehat yang dapat membantu perubahan perilaku hidup yang lebih sehat, dengan pesan kunci anak membutuhkan 6 gelas air dalam seharinya.” tambahnya.

Perlu diketahui, a ir memiliki berbagai manfaat kebaikan untuk kehidupan dan sangat dibutuhkan manusia untuk hidup sehat. Air merupakan bagian dari nutrisi yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, mengingat tubuh terdiri dari 60% air .

Kurangnya pengetahuan dan kesadaran pentingnya menjaga hidrasi dalam tubuh, bisa mengakibatkan gangguan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang . Penting diketahui status hidrasi yang sehat pada anak akan membantu mengoptimalkan fungsi kognitif, fungsi memori dan ketahanan fisik untuk mendukung performa anak di sekolah. Oleh karena itu, pemahaman akan pentingnya status hidrasi pada anak dan isu seputarnya, dapat menjadi investasi terbaik untuk generasi yang lebih sehat .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement