Advertisement

Aktivis Muda Muhammadiyah Targetkan 70% Milenial DIY Dukung Jokowi-Ma’ruf

Abdul Hamied Razak
Rabu, 10 April 2019 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Aktivis Muda Muhammadiyah Targetkan 70% Milenial DIY Dukung Jokowi-Ma’ruf Ratusan aktivis muda Muhammadiyah yang tergabung dalam RIB menyatakan dukungan untuk Jokowi-Makruf di Hotel Kalya Jogja, Rabu (10/4/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Para aktivis muda Muhammadiyah akan menggaet suara generasi milenial untuk mendukung Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin pada Pemilu 2019. Mereka menargetkan 70% suara milenial di DIY diberikan untuk Jokowi-Makruf.

Koordinator Rumah Indonesia Berkemajuan (RIB) DIY Velandani Prakoso mengatakan RIB yang dibentuk sejak Oktober 2018 lalu mengapreasi kerja nyata yang dilakukan oleh Presiden Jokowi selama ini. Untuk melanjutkan Nawacita jilid kedua, RIB menekankan pembangunan sumber daya manusia pada periode kedua Jokowi. “Kami melihat kerja Jokowi nyata. Meski Muhammadiyah secara kelembagaan netral, secara personal kami mendukung Jokowi,” katanya seusai deklarasi RIB untuk Jokowi-Makruf di Hotel Kalya Jogja, Rabu (10/4).

Advertisement

Dia mengatakan para aktivis muda Muhammadiyah yang tergabung dalam RIB tidak hanya berasal dari Pemuda Muhammadiyah tetapi juga dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Meski sudah tidak masuk dalam struktur, mereka masih menjadi kader Muhammadiyah.

“Kerja keumatan dan kebijakan Jokowi selama ini juga memiliki keberpihakan kepada generasi muda. Jadi wajar bagi kami untuk mendukung Jokowi,” kata mantan Ketua Umum PP IPM itu.

Sandro Andriawan, Pengurus Pusat RIB, menambahkan untuk memasifkan gerakan RIB mereka mengumpulkan 200 Korwil RIB di desa-desa. Mereka akan bergerak secara door to door untuk menggalang dukungan generasi milenial untuk Jokowi-Makruf.

“Jogja menjadi pusat Islam berkemajuan. Kami gelorakan teman-teman muda. Banyak teman kami yang masih silent majority dan tidak menampakkan diri tetapi puas dengan kepemimpinan Jokowi. Itu yang kami sasar,” kata salah satu Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Deklator RIB Chairul Mustaqim mengatakan saat ini sekitar 65% kalangan milenial mendukung Jokowi-Ma’ruf. Mereka ikut menegakkan kembali NKRI yang moderat, toleran dan tidak eksklusif. “Kalangan muda tetap ingin Indonesia yang inklusif, terbuka, dan tidak memaksakan bentuk negara seperti khilafah. Oleh karenanya, kami mendukung kepemimpinan Jokowi pada Pemilu nanti,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement