Perempuan Berpotensi Topang Kesejahteraan Masyarakat

Kepala Desa Sendangagung, Raden Heru, (tengah) saat inisiasi program Desa Prima di Balai Desa Sendangagung, Kecamatan Minggir, Sleman, Rabu (10/4/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
10 April 2019 15:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Bukan tanpa alasan jika Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY menempatkan perempuan sebagai sasaran utama dalam program Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Prima). Perempuan yang jumlahnya mendominasi jumlah penduduk DIY, dinilai mampu menjadi penopang bagi kesejahteraan masyarakat.

Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Pengarusutamaan Gender DP3AP2 DIY, Titik Sofijayanti Malah, mengatakan program Desa Prima bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di DIY, dengan menyasar para perempuan. “Kenapa harus perempuan. Karena perempuan mendominasi jumlah penduduk di DIY ini,” kata dia saat Sosialisasi Desa Prima di Balai Desa Sendangagung, Kecamatan Minggir, Sleman, Rabu (10/4).

Menurutnya, setiap perempuan memiliki potensi dalam diri, namun tidak semuanya memiliki kesempatan untuk menggali dan mengembangkan potensi tersebut. “Dengan adanya desa prima, kami akan membantu untuk menggali potensi yang ada di masing-masing perempuan sehingga nantinya bisa mendukung perekonomian keluarga,” ujar dia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, tahapan awal dari kegiatan tersebut merupakan inisiasi dengan membentuk kelompok dan kepengurusan. “Kelompok ini nantinya akan diberikan pendampingan pelatihan usaha dengan melibatkan stakeholder terkait. Selanjutnya, akan diberikan dana untuk pengembangan usaha sebesar Rp37 juta,” ucap dia.

Konsultan Small and Medium Enterprises Development Centre (SMEDC), Choirul Anas mengatakan, melalui program Desa Prima, selama tiga tahun ini pihaknya akan berupaya memberikan pendampingan secara bertahap kepada 25 perempuan di Desa Sendangagung. “Dengan begitu diharapkan bisa memaksimalkan dan menggali potensi yang dimiliki mereka,” ujar dia.

Melalui Desa Prima, masyarakat nanti bisa teredukasi maksimal, khususnya terkait dengan pemberdayaan perempuan dalam sektor usaha. “Melalui Desa Prima, selama beberapa bulan ke depan akan digembleng untuk menggali semua potensi yang ada di sekitar mereka. Mereka juga akan dilatih cara memulai usaha, mengelola usaha, mengemas, hingga memasarkan hasil usaha kelompok,” kata dia.

Kepala Desa Sendangagung, Raden Heru, menyambut baik dan mendukung program yang dilakukan oleh DP3AP2 DIY tersebut. Karena itu dia berharap kepada warga Sendangagung untuk juga turut mendukung terlaksananya program itu. “Pada dasarnya, program yang disusun baik oleh Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi itu tentu sudah bagus, jadi kami juga berharap bisa berkontribusi bagi 25 warga yang mengikuti,” kata dia.