Advertisement

Untuk Kalpataru, 3 Nama Jadi Kandidat Penerima

Fahmi Ahmad Burhan
Kamis, 11 April 2019 - 23:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Untuk Kalpataru, 3 Nama Jadi Kandidat Penerima Ilustrasi menanam pohon - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sedikitnya tiga nama warga Kulonprogo diusulkan menjadi kandidat penerima penghargaan Kalpataru pada beberapa kategori untuk tingkat DIY. Ketiga nama itu meliputi Dwi Martuti Rahayu, Heru Basuki dan Sugiyanto.

Pada Selasa (9/4/2019), ketiganya diverifikasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY di lokasi masing-masing. Dalam verifikasi, tiap lokasi dicek kesesuaian antara data usulan dan kondisi di lapangan.

Advertisement

Kepala DLH Kulonprogo Arif Prastowo mengungkapkan dirinya berharap agar para calon nominator yang diusulkan itu tidak hanya sekadar berjuang untuk mendapat penghargaan Kalpataru saja tetapi terus berjuang bagi kelestarian lingkungan.

“Semoga dengan menjadi calon nominator penghargaan Kalpataru dan dilakukannya verifikasi menjadikan ketiga warga Kulonprogo ini lebih semangat lagi. Makin termotivasi untuk terus menjaga lingkungan,” ucapnya, Kamis (11/4/2019).

DLH mencatat Dwi Martuti Rahayu, warga Dusun Salak Malang, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang sebagai calon nominator untuk Kategori Perintis Lingkungan. Dwi, dengan kreativitasnya dianggap mampu mengangkat citra negatif pada tanaman gulma dan memanfaatkannya menjadi produk yang lebih bernilai.

Sugiyanto, warga Dusun Kroco, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih menjadi calon nominator Kategori Pembina Lingkungan. Sugiyanto dianggap mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungannya dan dianggap mampu melindungi lahan kritis menjadikannya lahan produktif.

Terakhir ada Heru Basuki, seorang guru sekolah menengah pertama di Kecamatan Kokap sebagai calon nominator Kalpataru Kategori Pengabdi Lingkungan. Ia dianggap mampu menstimulus rekan-rekan guru lainnya untuk menyusun perangkat pembelajaran yang mengarah pada pengelolaan lingkungan.

“Di sekolah [SMP Negeri 2 Kokap], saya memelopori kegiatan kepramukaan yang berlandaskan pada prinsip Pramuka Patriot Lingkungan. Sebenarnya itu juga sebagai aplikasi dari nilai yang ada di Dhasa Dharma Pramuka,” ujar Heru Basuki.

Selain dengan pembelajaran di Pramuka, ia juga memasukan beberapa nilai-nilai kelestarian lingkungan pada tiap mata pelajaran. Heri berharap agar hasil dari verifikasi berjalan baik. Adapun, apapun hasilnya, ia tetap akan terus berjuang bagi kelestarian lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement