Pendonor Darah Saat Ramadan Turun 80%

Ilustrasi donor darah - JIBI
15 April 2019 21:02 WIB MediaDigital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Selama bulan Ramadan, pendonor di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jogja turun 70%-80%. Kalau biasanya setiap hari yang donor darah langsung ke PMI Kota Jogja ada 80 orang, selama puasa turun hingga di bawah 30 orang pendonor yang datang.

Noor Edi dari bagian Pengerahan dan Pelestarian Donor Darah Suka Rela Kota Jogja, Sabtu (13/5/2019), mengatakan biasanya saat Ramadan pendonor memang sepi. “Untuk itu, kami biasanya menyiapkan stok darah dengan mengadakan kegiatan donor darah bekerja sama dengan pihak ketiga menjelang puasa,” kata dia.

Menurut Noor Edi, setiap bulan PMI Kota Jogja membutuhkan 3.000 sampai 4.000 kantong darah. Kebutuhan ini biasanya dipenuhi dengan menyelenggarakan kegiatan donor darah atau pendonor rutin yang datang ke PMI Kota Jogja.

Syarat untuk pendonor minimal usianya 17 tahun dan berat badan 50 kg. Nantinya calon pendonor akan dicek dulu apakah bisa menjadi pendonor atau tidak. “Biasanya dari jumlah yang datang 30 persennya tidak keambil karena syaratnya tidak terpenuhi,” kata Noor Edi.

Melihat kebutuhan darah yang besar, maka dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 11 Harian Jogja akan menyelenggarakan kegiatan donor darah. Koordinator kegiatan donor darah, Rima Martina mengatakan, Harian Jogja memang sudah secara rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah menjelang HUT Harian Jogja. Untuk tahun ini, kegiatan donor darah akan diselenggarakan pada Sabtu (4/5) mulai pukul 12.30 WIB.

“Tahun ini kegiatan diselenggarakan sebelum bulan Ramadan. Karena biasanya pada saat bulan puasa sepi pendonor maka kami menargetkan bisa mendapatkan 150 kantong darah agar stok darah di PMI ketika puasa mencukupi,” ujar Rima

Untuk itu, dia mengajak masyarakat, komunitas dan juga pendonor-pendonor lain untuk ikut terlibat dalam kegiatan ini. Acara ini sengaja diselenggarakan pada siang hari agar keterlibatan masyarakat bisa semakin luas.

Wakil Koordinator Acara Donor Darah Darel Achmad Eka Putra manambahkan untuk memeriahkan acara ini makan akan ada musik akustik. “Nantinya pendonor yang bisa diambil darahnya juga mendapat kesempatan untuk mendapatkan doorprize dari panitia,” kata dia.