Ini Wilayah di Bantul yang Kekurangan Ribuan Surat Suara

Ilustrasi surat suara pemilu - Harian Jogja/Desi Suryanto
15 April 2019 20:32 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mencari solusi untuk menutupi kekurangan surat suara di Kecamatan Kasihan. Kekurangan surat suara tersebut sebagai dampak banyaknya pemilih tambahan atau DPTb.

"Kecamatan Kasihan minus [kurang] surat suara dan harus menggeser surat suara dari kecamatan," kata Komisioner KPU Bantul, Musnif Istiqomah saat ditemui di kantornya, Senin (15/4/2019). Ia mengatakan penggeseran surat suara di TPS antarkecamatan dimungkinkan khusus untuk Kecamatan Kasihan.

"Tapi mekanismenya melalui panitia Pemungutan Suara [PPS], bukan Panitia Pemilihan Kecamatan. Malam ini [semalam] akan dibahas mekanismenya dengan PPK dan PPS," kata dia.

Musnif berujar total DPTb atau pemilih dari luar yang memilih di Bantul sebanyak 10.024 pemilih. Jumlah pemilih tambahan tersebut sebagian besar tersebar di Kecamatan Kasihan 3.332 pemilih, Sewon 2.143 pemilih, Banguntapan 1.353 pemilih, dan Pajangan 573 pemilih.

Pemilih tambahan tersebut tidak mendapat jatah khusus surat suara kecuali memanfaatkan surat surat tambahan 2% di tiap TPS.
Sebenarnya, kata Musnif, surat suara tambahan masih bisa mencukupi pemilih tambahan jika pemilih tambahan tersebar di semua TPS. Karena selain DPTb masuk ada jua DPTb keluar sebanyak 2.680 pemilih.

Jika DPTb masuk 10.024 dan DPTb keluar 2.680 maka sisanya tinggal 7.344 kebutuhan surat suara. Selain itu, Musnif mengatakan surat suara tambahan tiap TPS jika ditotal jumlahnya sekitar 10 ribuan. Namun persoalannya pemilih tambahan menumpuk di tiga kecamatan perbatasan atau tidak merata di semua TPS sebanyak 3.040 TPS se-Bantul.

"Sudah kami antisipasi stratei langkah apa yang harus dilakukan jika di TPS kekurangan surat suara dengan mengambil surat suara di TPS lain yang masih tersedia," ujar Komisioner KPU Bantul Bidang Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM ini.

Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kasihan, Iwan Setiawan membenarkan di wilayahnya kekurangan sekitar 2.000 surat suara sehingga harus meminta surat suara dari TPS tetangga atau TPS luar Kasihan pada hari pencoblosan nanti. "Rencana akan dialokasikan lewat surat suara yang lebih dari tiap TPS luar Kasihan," kata dia.

Ia mencatat kebutuhan surat suara di Kasihan sebanyak 76.905 pemilih dan DPTb 3.332 pemilih.