Advertisement

12.294 Lembar Surat Suara Pengganti Langsung Didistribusikan

Rahmat Jiwandono
Senin, 15 April 2019 - 19:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
12.294 Lembar Surat Suara Pengganti Langsung Didistribusikan Petugas Bhabinkamtibmas (mengendarai sepeda motor) bersiap mengawal truk pengangkut logistik pemilu yang akan didistribusikan ke sejumlah wilayah di Gunungkidul, Senin (15/4/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menerima surat suara pengganti sebanyak 12.294 lembar. Dalam proses sortir dan pelipatan yang dilakukan beberapa waktu lalu, petugas menemukan surat suara rusak sebanyak 5.623 lembar.

Berdasarkan data, surat suara tambahan yang diterima meliputi surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 1.550 lembar; surat suara untuk DPD RI sebanyak 728 lembar; surat suara untuk DPR RI Dapil DIY berjumlah 2.472 lembar; surat suara DPRD DIY Dapil DIY VII berjumlah 4.399 lembar; surat suara DPRD Gunungkidul Dapil I berjumlah 545 lembar; Dapil II sebanyak 490 lembar; Dapil III sebanyak 636 lembar; Dapil IV sebanyak 710 lembar dan Dapil V sebanyak 764 lembar.

Advertisement

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan surat suara pengganti kiriman dari KPU Pusat diterima Minggu (14/4/2019). Setelah diterima, KPU langsung mengerahkan tenaga penyortir dan pelipat surat suara. "Setelah dilipat langsung dikirimkan bersamaan dengan logistik lainnya," ujarnya, Senin (15/4/2019). Ditanya soal kemungkinan adanya kelebihan surat suara, ia menyatakan surat suara yang tersisa akan dimusnahkan. "Prosedurnya surat suara yang berlebih akan dibakar," kata dia.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, Is Sumarsono, menuturkan jajarannya berkoordinasi dengan KPU terkait dengan surat suara yang rusak maupun yang tidak terpakai. Dia menjelaskan surat suara yang tidak dipakai bakal dibakar. "Tujuannya agar tidak dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab," ujarnya.

Dia menambahkan Bawaslu berusaha mencari tahu mengapa surat suara ada yang tersisa. "Hal itu bisa terjadi karena kaitannya dengan logistik, jumlah logistik yang ada dalam kotak bisa lebih," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement