Sultan Akan Gunakan Hak Pilihnya di TPS 15, Petugas Berpakaian Adat Jawa

Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat membuka Simposium Internasional terkait Budaya Jawa dan Naskah Keraton di Royal Ambarukmo Hotel, Selasa (5/3/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
16 April 2019 12:47 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Keluarga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menggunakan hak pilihnya di TPS 15 Panembahan, Kecamatan Kraton pada Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019).

Ketua PPK Kecamatan Kraton, Sigit Agung mengatakan sesuai dengan data, Sultan HB X dan GKR Hemas akan menggunakan hak pilihnya di TPS 15 Kecamatan Kraton. Selain itu sejumlah putra dalem juga tercatat DPT di TPS 15, antara lain GKR Condrokirono, KPH Purbodiningrat, GKR Maduretno, KPH Notonegoro, GKR Hayu, GKR Bendoro dan Ahmad Ubaidillah. Sedangkan cucu HB X yang akan memberikan suaranya di TPS 15 adalah RM Gusthilantika Marrel.

"Sultan dan GKR Hemas akan menyoblos di TPS 15, Panembahan, Kraton. Sementara, putri sulung Sri Sultan, GKR Mangkubumi akan menggunakan hak pilih di TPS 22 Panembahan, sesuai dengan tempat tinggalnya saat ini," kata Agung Selasa (16/4/2019).

Sigit mengatakan, biasanya Sri Sultan hadir paling awal di TPS. TPS sendiri dibuka mulai pukul 07.00 WIB. Di TPS 15 nantinya, lanjut Sigit, para petugas akan mengenakan busana Jawa. TPS ini memiliki jumlah pemilih sebanyak 285 orang. "Biasanya Ngarsa Ndalem datang pagi, hadir lebih awal. Tidak diistimewakan, dikasih kesempatan yang sama,” kata dia.