Hari Ini, Bawaslu Targetkan Sleman Bebas APK

Anggota Satpol PP Bantul menertibkan salah satu APK yang melanggar di Jalan Sultan Agung, Bantul, Kamis (4/4/2019). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
16 April 2019 14:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman menargetkan pada Selasa (16/4/2019) wilayah Sleman sudah bebas dari Alat Peraga Kampanye (APK).

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ikhsan Siregar mengatakan sesuai dengan UU No.7/2017, pada masa tenang APK di seluruh ruang publik harus dibersihkan.

“Jadi, Bawaslu bekerja sama dengan Satpol PP telah melakukan penertiban sejak Minggu (14/4) dan hari ini ditargetkan Sleman sudah bebas APK,” kata Arjuna, Selasa (16/4/2019).

Hingga hari ini, kata dia, sudah lebih dari 100 billboard dan 50 baliho yang ditertibkan, sementara, APK jenis rontek dan spanduk sudah sampai ribuan.

“Kami juga masih menunggu kiriman data hasil penertiban dari 17 kecamatan yang melakukan penertiban bersama jajaran Trantib dan Linmas di wilayah masing masing,” ucap dia.

Selain itu, kata dia, sebelumnya pihaknya juga sudah memberikan himbauan bagi partai politik dan caleg agar menurunkan APK secara mandiri.

“Sebagai pelaksana kampanye, partai politik juga bertanggung jawab untuk membersihkan APK. Yang belum dibersihkan secara mandiri, itu yang kami tertibkan,” ujar dia.

Arjuna menambahkan APK yang ditertibkan selanjutnya akan disimpan di Gudang Satpol PP. “Kalau mau diambil ke Satpol PP dalam batas waktu 14 hari sejak penertiban, jika tidak diambil maka akan dimusnahkan,” kata dia.