Advertisement

Sidak ke TPS di Gunungkidul, Kapolda DIY Kagum dengan Semangat Gotong Royong Warga

Rahmat Jiwandono
Selasa, 16 April 2019 - 13:57 WIB
Nina Atmasari
Sidak ke TPS di Gunungkidul, Kapolda DIY Kagum dengan Semangat Gotong Royong Warga Irjen Pol Ahmad Dofiri mengecek bilik suara yang ada di TPS 17, Padukuhan Kepek, Desa Kepek, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Selasa (16/4/2019). - Harian Jogja/ Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17, Padukuhan Kepek, Desa Kepek, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul pada Selasa (16/4/2019) sekitar pukul 10.30 WIB. Sidak yang ia lakukan guna mengecek dan memastikan persiapan pemilu pada Rabu (17/4/2019) besok.

Sebelum melakukan sidak ke Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul dia sidak ke Kabupaten Bantul menggunakan sepeda motor.

Advertisement

Kapolda DIY, Irjen Ahmad Dofiri, mengatakan dari hasil sidaknya suasana pemilu di desa berbeda dengan di kota. Menurutnya, semangat gotong rayangnya masih dapat dirasakan. "Gotong royong mereka dapat dilihat dari kesiapan yang sudah dilakukan jelang pemilu," ucapnya, Selasa (16/4/2019) .

Lebih lanjut dia menyatakan, Indeks Kerawanan Pemilu (IPK) di DIY berkaca dari gesekan-gesekan antar kelompok pendukung pada pemilu sebelumnya. Pasalnya, berdasarkan rilis dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menempatkan Kabupaten Gunungkidul ada di urutan kedua soal IKP.

Dia mengungkapkan dari empat kabupaten yang ada di DIY, Kabupaten Gunungkidul menjadi pengecualian. "Hanya di Kabupaten Gunungkidul hampir tidak ada gesekan saat masa kampanye," kata dia.

Gesekan yang terjadi di Kabupaten Kulonprogo beberapa waktu pascakampanye partai politik yang bergesekan dengan organisasi masyarakat (ormas) keagamaan. Namun, kerusuhan dapat diredam oleh aparat kepolisian. "Itu merupakan bagian dari dinamika kampanye," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement