Advertisement

Ini Pesan Sultan HB X untuk Para Kandidat Pemilu 2019…

Lugas Subarkah
Rabu, 17 April 2019 - 17:57 WIB
Sunartono
Ini Pesan Sultan HB X untuk Para Kandidat Pemilu 2019… Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X memperlihatkan tinta pada jari kelingkingnya seusai memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2019 di TPS 15 Panembahan di Ndalem Cokronegaran, Jalan Magangan Wetan, Jogja, Rabu (17/04/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2019 ini. Sultan memberikan komentar dan harapannya terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 usai mencoblos.

HB X berpesan kepada siapa pun yang terpilih nanti agar bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik. Menang atau kalah, rakyat yang menentukan. Para kandidat harus ikHlas menerima apapun hasil pemilu ini nanti.

Advertisement

Ia mengingatkan kepada para kandidat agar bisa jujur dalam mengikuti proses pemilu ini. Jika ingin menggugat hasil, boleh saja karena memang itu dimungkinkan menurut peraturan. “Tapi kalau selisihnya banyak ya sebetulnya susah untuk dikatakan kenapa saya harus kalah,” katanya, Rabu (17/4/2019).

Dalam kesempatan itu GKR Hemas yang datang ke TPS bersama Sri Sultan, sempat meminta ganti surat suara kepada panitia, karena mendapati surat suaranya sedikit sobek. Ia mengatakan surat suara itu sobek di lipatan, “Meski Cuma dilipatan ya tetap saya nggak mau, itu kan hak kita, nanti nggak sah suara saya,” katanya.

Ia berharap KPU dan masyarakat lebih siap lagi terutama jika pemilu digabung seperti saat ini. Banyaknya surat suara dan keterjangkauannya untuk seluruh masyarakat perlu dipertimbangkan. “Kalau yang sudah tua-tua, cuma melihat nama tanpa gambar kan susah mengenali,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement