Warga Sarkem Jogja Mencoblos di Hotel

Warga menggunakan hak suaranya di TPS 07 yang bertempat di Gloria Amanda Hotel. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
17 April 2019 18:17 WIB Lajeng Padmaratri (ST15) Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Salah satu TPS di kawasan Pasar Kembang (Sarkem) Jogja menggunakan hotel sebagai tempat mencoblos pada pemilu, Rabu (17/4/2019).

Agus, seorang karyawan di Gloria Amanda Hotel Sosrowijayan mengatakan hotel tempatnya bekerja digunakan sebagai TPS 07.

Digunakannya salah satu ruangan hotel sebagai tempat pemungutan suara merupakan dampak dari minimnya ruang publik. "Daerah sini [Pasar Kembang-Sosrowijayan] kan sekarang pembangunan hotelnya sudah banyak banget. Karena nggak ada tempat, ya pinjam hotel," jelas Agus, Rabu.

Soetoto, selaku Ketua KPPS TPS 07, mengakui sulitnya mencari tempat untuk digunakan sebagai TPS di sekitaran Sosrowijayan. "Tadinya mau di halaman hotel, tapi kalau hujan kan repot. Lagipula, PPS juga memperbolehkan, owner [hotel]-nya juga mengizinkan," kata Dosen Geologi IST Akprind ini.

Hingga pukul 15.00 WIB sore tadi, TPS 07 ini sudah menyelesaikan penghitungan suara untuk Capres-Cawapres dengan perolehan 110 suara untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf, 23 suara untuk Prabowo-Sandi, serta satu suara tidak sah.

Soetoto menyebutkan pemilu kali ini cenderung lebih sulit dibandingkan sebelumnya. "Sulit di administrasinya, karena tadi caleg saja ada 20 partai. Beda sama dulu yang tiga partai," ujarnya. Sehingga ia berharap petugas KPPS bisa lebih berhati-hati dalam proses administrasi supaya tidak mengimbulkan hal yang fatal.