Advertisement

Sri Sultan HB X Meminta Masyarakat Kembali dalam Kebersamaan Seusai Pemilu 2019

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 19 April 2019 - 22:37 WIB
Budi Cahyana
Sri Sultan HB X Meminta Masyarakat Kembali dalam Kebersamaan Seusai Pemilu 2019 Sri Sultan HB X - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB  X meminta seluruh masyarakat menahan diri, tidak terprovokasi, dan menghargai konstitusi menyusul klaim-klaim kemenangan kontestan Pemilu 2019.

“Saya berharap dan mengimbau pada saudara sebangsa dan setanah air, marilah kita tunggu hasil rekapitulasi dari KPU sebagai lembaga yang sah untuk menentukan hasil dari Pemilu 2019,” kata Sultan di kediamannya, Kraton Kilen Jogja, Jumat (19/4).

Advertisement

Dia mengingatkan masyarakat untuk menghormati dan menunggu hasil rekapitulasi suara dari KPU. “Harapan saya, sebagai anak bangsa, kembalilah dalam kebersamaan. Kembalilah dalam kedamaian. Kembalilah untuk menghargai konstitusi,” katanya.

Sultan juga meminta masyarakat untuk tidak terpancing melakukan aksi di luar konstitusi. Dia berharap, masyarakat bisa kembali rukun, hidup damai, tidak muncul gejolak sesama anak bangsa.

“Jangan melakukan agitasi-agitasi yang bisa memecah belah anak bangsa dalam menentukan pemimpinnya. Jangan sampai hanya perbedaan pilihan, bangsa ini terpecah. Semoga saja kita kembali punya hati nurani untuk membangun kebersamaan dengan ikhlas dan hati yang damai.”

Demokrasi telah menjadi pilihan bangsa untuk menentukan masa depannya. Bangsa ini punya hak dan kewajiban untuk menjaga kerukunan umat sebagaimana disepakati sejak awal republik ini berdiri.

“Jangan kita hanya bicara keakuan. Merasa paling benar menjadi sesuatu yang mengoyak kebersamaan kita sebagai modal sosial yang selama ini tetap kita jaga dan itu membawa manfaat bagi kita semua.”

Di mata Sultan, Pemilu 2019 sudah berjalan dengan baik. Dia juga tak lupa berterima kasih kepada semua pihak, baik KPU maupun Bawaslu baik dari Pusat hingga daerah yang turut menyukseskan proses pelaksanaan Pemilu 17 April lalu. Sultan berharap agar KPU dan Bawaslu terus bekerja menyelesaikan tahapan pelaksanaan Pemilu dengan jujur dan adil. Sultan juga mengapresiasi kinerja TNI dan Polri dalam mengamankan proses Pemilu. Semua itu dilakukan dengan harapan kehidupan, berbangsa dan bernegara lima tahun yang akan datang lebih baik.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada seluruh bangsa yang menggunakan hak politik untuk menentukan pemimpin-pemimpin melalui Pilpres dan Pileg.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jamaika Resmi Mengakui Kedaulatan Palestina

News
| Kamis, 25 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement