Advertisement

Jokowi Datang, Cemara Tertanam di Selatan YIA

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 20 April 2019 - 17:57 WIB
Sunartono
Jokowi Datang, Cemara Tertanam di Selatan YIA Pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo. - Ist/ Dok AP I

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pemerintah Kabupaten Kulonprogo akan segera melakukan penanaman pohon cemara udang sebagai sabuk hijau di selatan Izin Penetapan Lokasi (IPL) Yogyakarta International Airport (YIA). Targetnya, sebelum YIA resmi beroperasi terbatas pada 29 April mendatang.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan setelah pelaksanaan Pemilu 2019, pihaknya akan fokus menata kawasan pantai di selatan YIA. Khususnya untuk dijadikan sabuk hijau bandara. Dia berharap sebelum Presiden Joko Widodo meresmikan YIA, pohon cemara telah ditanam. "Ini sebagai tanda bahwa kami serius untuk menangani hal itu," kata Hasto, Kamis (18/4/2019).

Advertisement

Pria yang juga berprofesi sebagai dokter itu mengungkapkan jika MoU penggunaan dan penataan lahan tambak udang yang akan dijadikan sabuk hijau telah disusun. Saat ini pihaknya tinggal menunggu penandatanganan dari Pura Pakualam selaku pemilik lahan dan Angkasa Pura (AP) 1.

Terkait penolakan dari pemilik usaha dalam hal ini tambak udang yang menyertai penanaman sabuk hijau, Hasto meminta agar warga bisa ikut mendukung langkah pemerintah. Sabuk hijau di bandara lanjutnya merupakan hal vital demi mitigasi bencana.

Hasto juga menegaskan rencana tersebut tidak untuk merugikan masyarakat, karena akan tetap mengakomodir kepentingan seluruh pihak.

Project Manager Pembangunan YIA PT. AP I, Taochid Purnama Hadi mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan pemkab dan Pura Pakualam soal penanaman sabuk hijau di selatan YIA. Ia berharap sebelum Mei, sabuk hijau telah ada.

Taochid menyatakan ada tidaknya sabuk hijau, sebenarnya tidak akan menggangu aktivitas penerbangan. Sebab fungsinya lebih kepada antisipasi jika nanti terjadi bencana. Hanya saja hal itu tetap diperlukan agar YIA lebih terjamin keamanannya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement