Advertisement

Bandara Internasional Yogyakarta Sudah Didarati Pesawat & Gelar Simulasi Operasi

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 21 April 2019 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
Bandara Internasional Yogyakarta Sudah Didarati Pesawat & Gelar Simulasi Operasi Garbarata Bandara Internasional Yogyakarta - Ist/Angkasa Pura I

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT Angkasa Pura (AP) 1 persero memulai rangkaian simulasi pra pengoperasian Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) pada Sabtu (20/4/2019) hingga Jumat pekan depan.

Simulasi ini bertujuan untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan saat bandara di Kulonprogo itu beroperasi secara terbatas pada akhir April tahun ini.

Advertisement

Direktur Utama PT AP 1 Faik Fahmi mengatakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan perlu diuji lewat simulasi mengingat tingginya trafik penerbangan di sekitar DIY dan Jawa Tengah. Aspek yang akan diuji meliputi kesiapan moda transportasi penunjang dari dan ke bandara hingga kelayakan infrastruktur serta pelayanan bandara.

Latihan tiruan ini dimulai dengan simulasi keamanan bandara oleh Komite Keamanan Bandara (Airport Security Committee) pada Sabtu. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi operasional lapangan pada 24 April 2019.

Faik menjelaskan moda transportasi pendukung YIA yang akan diuji coba meliputi Bus Damri, taksi, kereta api, dan kendaraan pribadi. “Ini bertujuan untuk mengetahui waktu tempuh calon penumpang pesawat udara dari titik keberangkatan di sejumlah titik di Jogja dan luar provinsi menuju YIA,” ujarnya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Sabtu (20/4/2019).

Setelah itu akan ada evaluasi di hari berikutnya. Seusai evaluasi, pada 26 April akan diadakan simulasi gabungan pengoperasian bandara bersama seluruh pemangku kepentingan terkait, seperti transportasi darat, maskapai penerbangan, petugas imigrasi, dan lainnya.

“Pada simulasi terkahir ini pergerakan penumpang dari dalam dan luar kota hingga proses keberangkatan di terminal keberangkatan bakal dilakukan,” katanya.

Pada simulasi inilah infrastruktur dan layanan yang ada di bandara akan diuji. Peserta simulasi akan melakukan proses check-in, pengurusan imigrasi, memasuki lounge keberangkatan, melalui garbarata, sampai masuk ke pesawat. Dalam simulasi ini juga akan dilakukan pendaratan pesawat.

"Pada 22 April 2019 juga akan dilaksanakan penilaian potensi gangguan dan risiko atau hazard identification and risk assesment [HIRA] oleh maskapai dan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan serta table top exercise operasi bandara pada 23 April 2019," kata Faik.

Masih Tinggi

Faik mengatakan permintaan slot penerbangan untuk Bandara Adisutjipto masih tinggi. Sehingga dengan dialihkannya penerbangan internasional ke YIA diharapkan permintaan slot tersebut dapat diakomodasi.

Dia memastikan aspek keselamatan di YIA dapat lebih terjamin karena memiliki landasan pacu sepanjang 3.250 meter. "Lebih panjang dari runway Bandara Adisutjipto," ujarnya.

Saat ini progres pembangunan YIA untuk pengoperasian penerbangan internasional pada akhir April nanti hampir mencapai 100%. Sedangkan untuk progres proyek keseluruhan yang ditargetkan rampung akhir 2019 mencapai 47%.

General Manager Bandara Adisucipto, selaku juru bicara proyek YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan YIA diproyeksikan diresmikan untuk pengoperasian penerbangan internasional pada 29 April mendatang.

Dia optimistis target itu bisa terealisasi karena seluruh infrastruktur penunjang bandara sudah tersedia. "Insyaallah kalau Tuhan menghendaki 29 April kami akan resmikan, doakan saja semoga lancar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement