Advertisement

Dikunjungi Dua Menteri, Bandara Kulonprogo Dinyatakan Layak Beroperasi

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 24 April 2019 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Dikunjungi Dua Menteri, Bandara Kulonprogo Dinyatakan Layak Beroperasi Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. - Ist/ Dok AP I

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Gubernur DIY, Sri Sultan HB X bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasona Laoly meninjau progres pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kulonprogo, Rabu (24/4/2019). Hasilnya, bandara baru itu dinyatakan layak dan telah siap untuk beroperasi secara minimum pada 29 April mendatang.

"Alhamdulillah bandara YIA sudah selesai kira-kira 20 persen untuk terminalnya, tapi runway sudah 100 persen bahkan kualifikasinya terbaik di Indonesia, baik dari segi panjangnya yang mencapai sekitar 3.200 meter persegi [3.250], maupun lebar 75 meter dan daya dukung lainnya sehingga memungkinkan runway digunakan untuk pesawat jenis apapun," kata Budi Karya kepada awak media, di sela-sela peninjauan YIA, Rabu.

Advertisement

Budi mengatakan YIA bisa digunakan untuk 50 kali proses take off-landing pesawat per hari. Jika satu pesawat menampung 200 orang, tiap harinya bandara ini bisa melayani sekitar 5.000 penumpang. Dengan kondisi ini tidak menutup kemungkinan saat pengoperasian terbatas nanti, sebagian penerbangan domestik di Adisucipto bisa dipindahkan ke YIA.

Apalagi menjelang Lebaran, bandara Adisucipto kerap disesaki jadwal penerbangan, sehingga opsi pemindahan sesegera mungkin sangat diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement