Advertisement

Ajak Milenial Bangun Negeri, PLN Gelar Seminar Nasional di UGM

Bhekti Suryani
Kamis, 25 April 2019 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Ajak Milenial Bangun Negeri, PLN Gelar Seminar Nasional di UGM Pengumuman pemenang PLN Vlog Competition di sela/sela acara seminar nasional yang digelar PLN untuk kalangan milenial.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- PLN menggelar seminar nasional dengan tema "PLN Bangun Negeri dan Tantangan Milenial di Industri 4.0 pada Bidang Kelistrikan" di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (25/4/2019).

Acara dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Doktor Paripurna, disaksikan oleh Executive Vice President Talent Development PLN Karyawan Aji, General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Timur (Disjatim) Bob Saril dan General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Tengah (Disjateng) Agung Nugraha.

Advertisement

“Milenial sekarang memiliki semangat yang tinggi, pikiran yang menyongsong masa depan, sangat cocok dengan PLN sebagai BUMN yang memiliki aset terbesar di Indonesia,” Kata Paripurna.

Lebih lanjut Paripurna menjelaskan bagaimana listrik telah menjadi kebutuhan yang sangat krusial dalam kehidupan. Seberapa bergantung nya hidup masyarakat kepada PLN, setiap aspek hidup diselingi dengan kebutuhan akan listrik. Hal ini menjadi alasan yang kuat untuk talenta muda terbaik agar bergabung di PLN.

Kaum muda dan terdidik yakni para milenial, harus berada di garda terdepan dan menjadi role model dalam penyampaian informasi yang cerdas, mendidik, dan membawa nilai-nilai positif.

“Marilah kita berlomba untuk dapat mengisi slot-slot calon pemimpin, membangun Indonesia melalui PLN, Semoga para mahasiswa bertalenta terbaik dapat bergabung bersama PLN dalam membangun negeri,” kata Paripurna.

GM PLN Disjatim Bob Saril dalam paparannya mengenai ‘PLN Bangun Negeri’ menjelaskan bahwa PLN terus bekerja keras membangun Indonesia, dan para milenial memiliki andil yang besar dalam melistriki Nusantara.

“PLN bekerja keras, membangun negeri melistriki hingga pelosok, pembangunan ini tidak lepas dari peran milenial-milenial PLN, dengan semangat energi optimisme memberikan yang terbaik bagi Indonesia, ini tanda bakti kepada negeri,” Kata Bob Saril.

Lebih lanjut dalam acara seminar tersebut, Karyawan Aji memaparkan tentang Tantangan Milenial di Industri 4.0 Bidang Kelistrikan kepada para mahasiswa.

“Salah satu tantangan bagi milenial di industri 4.0 ini adalah inovasi. Inovasi akan selalu dapat mendorong sebuah perusahaan untuk terus maju, termasuk PLN, oleh karena itu PLN membutuhkan milenial bertalenta terbaik untuk semakin meningkatkan geliat inovasi di PLN.” Kata Aji.

Dalam acara seminar nasional ini, PLN kembali menyajikan program Employer Branding, sebuah program dimana para milenial PLN berbagi pengalaman dalam membangun Indonesia.

Mulai dari bekerja kantoran hingga aktifitas sosial seperti menjadi garda terdepan dalam recovery kota paska terkena bencana, ikut terjun menerangi papua melalui Program Papua Terang, hingga membantu pembangunan tempat sosial seperti masjid, panti jompo, dan lainnya melalui program CSR PLN dan Employee Volunteer Program.

Program Employer Branding juga bertujuan untuk memberikan perspektif kepada para mahasiswa bahwa perusahaan terbaik bagi karier masa depan para talenta unggulan adalah di PLN. Bagaimana listrik akan semakin dibutuhkan di masa depan, seiring dengan perkembangan teknologi, seperti kompor induksi dan kendaraan listrik.

Sebagaimana negara maju yang sudah mulai beralih dari perangkat berenergi fosil ke perangkat berenergi listrik, membuat PLN sebagai perusahaan yang mengelola kelistrikan di Indonesia menjadi sarana yang tepat dalam menyongsong masa depan para milenial dengan talenta terbaik.

Pada acara ini diadakan juga pengumuman pemenang PLN Vlog Competition dengan tema Unboxing SPLU, Paper Competition dengan tema Development Business New Edge, dan Idea Competition : Unlocking Facelift PLN Mobile. Lomba Vlog ini dimenangkan para milenial berbakat dengan total hadiah Rp180 juta untuk setiap cabang lomba.

Berikut adalah list pemenang nya:

Vlog Competition dengan tema ‘Unboxing SPLU’

1. Juara 1 adalah Universitas Tarumanegara dengan judul Senja
2. Juara 2 adalah Politkenik Bandung dengan judul Gilang 1988
3. Juara 3 adalah UGM dengan judul Shazam UGM

Idea Competition dengan tema ‘Unlocking Facelift PLN Mobile’

1. Juara 1 adalah STT PLN dengan judul Integrity
2. Juara 2 adalah ITB dengan judul Nyala Sukma
3. Juara 3 adalah UGM dengan judul Berang-Berang Cokelat

Paper Competition dengan Tema ‘Development Business New Edge’

1. Juara 1 ITB dengan judul Model Bisnis Baru Integrasi Pembangkitan Listrik
2. Juara 2 ITB dengan judul Smart PLN
3. Juara 3 Telkom University dengan judul Smart SPLU with Sharing Economy Concept

Sementara dari seluruh pemenang, paper dari ITB dengan judul Model Bisnis Baru Integrasi Pembangkitan Listrik berhasil memenangkan Best of The Best yang nantinya akan berpartisipasi dalam International Workshop HAPUA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement