Advertisement

18 Puskesmas Jogja Siap Menerima Caleg Stres

Lugas Subarkah
Kamis, 25 April 2019 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
18 Puskesmas Jogja Siap Menerima Caleg Stres Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Proses pemilu serentak 2019 telah menguraas banyak tenaga dan pikiran semua orang, khususnya petugas penyelenggara. Untuk mengantisipasi masalah-masalah kesehatan yang timbul akibat pemilu, tak terkecuali kesehatan mental, Dinas kesehatan Kota Jogja menyiagakan puskesmas sebagai layanan kesehatan terdekat dengan masyarakat.

Kepala Bidang Layanan Kesehatan, Lana Unwanah, mengatakan pihaknya telah menginstruksikan 18 Pukesmas di Kota Jogja untuk siaga selama masa pemilu. Saat hari pencoblosan, puskesmas tidak libur, tapi siaga di tempat dengan petugas full team.

Advertisement

Meski demikian, ia tidak mendapati adanya laporan lonjakan orang sakit di hari-hari pencoblosan dan penghitungan suara. Meski data resmi dari setiap puskesmas belum masuk, ia memantau lewat grup Whatsapp puskesmas. “Ada yang sakit, tapi Cuma batuk dan sakit ringan lainnya, jumlahnya masih wajar sejauh ini,” katanya.

Sedangkan untuk pasca pencoblosan, ia tidak menyangkal jika ada kemungkinan peserta pemilu, khususnya calon legislatif (Caleg) berpotensi stress. Menurutnya, ini hal wajar, karena pasti banyak caleg yang tidak lolos dan tidak semua bisa menanggung konsekwensinya.

Ia menjelaskan, fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi di Amerika juga ada. Di sana, gejala ini disebut Post Election Stress Disorder. Gejala ini menimpa peserta pemilu yang telah melakukan banyak hal, tapi ternyata tidak lolos, sehingga mengguncang kondisi mentalnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, ia telah menyiapkan layanan konsultasi psikologi di semua puskesmas. Layanan psikolog di setiap puskesmas sebenarnya sudah ada setiap saat, tidak hanya pada masa pemilu. “Jadi kita sudah siap kalau ada caleg yang butuh penanganan psikologis,” kayanya.

Meski demikian, ia lebih menyarankan kepada para caleg yang mengalami stress pasca pemilu untuk melakukan penanganan sendiri. Ini bisa dilakukan dengan dengan menjalani kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, seperti jalan-jalan, bersepeda, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement