Advertisement

Kursi PKB di DPRD Bantul Nambah

Ujang Hasanudin
Kamis, 25 April 2019 - 09:52 WIB
Arief Junianto
Kursi PKB di DPRD Bantul Nambah Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Perolehan suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Bantul pada pemilu serentak 2019 ini meningkat tajam. Itu berimbas pada bertambahnya wakil kader PKB di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul periode 2019-2024.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan rekapitulasi suara masih berlangsung di tingkat kecamatan. Akan tetapi berdasarkan hitungan partai berlambang bola dunia itu memperoleh suara tidak kurang dari sekitar 83.000.
"Minimal enam kursi [DPRD] sudah kami pegang, " kata Halim, di sela-sela pengajian akbar di halaman RSUD Panembahan Senopati Bantul, Rabu (24/4/2019) malam.

Advertisement

Menurut Halim perolehan suara pemilu kali ini naik cukup signifikan dibanding pemilu dua periode sebelumnya. Pada pemilu 2014 lalu, kata dia, PKB hanya meraih suara 57.000 dengan jumlah empat kursi. Bahkan pada pemilu 2009 silam, PKB hanya mampu mendulang 23.500 suara atau sebanyak tiga kursi.

Lebih lanjut Wakil Bupati Bantul ini mengatakan perolehan kursi itu baru kalkulasi kasar. Dia menilai tidak menutup kemungkinan kursi masih bisa bertambah.

Dari perolehan sementara enam kursi, kata dia, satu kursi dari salah satu daerah pemilihan (dapil) terbilang cukup boros karena memerlukan hingga 21.000 suara.
"Ada dapil yang cukup boros karena 21.000 suara hanya 1 kursi. Karena setelah setelah dibagi tiga jadi kurang dan lebih banyak partai lain," ujar Halim.

Jikaperhitungan kursi menggunakan bilangan pembagi pemilih (BPP), kata Halim, maka dapil yang boros itu bisa dapat lebih dari satu kursi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement