Caleg yang Didukung Menang, Puluhan Warga di Kulonprogo Cukur Gundul

Pancar Topo Driyo saat hendak menyemir rambut salah satu pendukungnya dalam Pemilu 2019 di halaman rumahnya, di Dusun Serut, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kamis (2/5/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
03 Mei 2019 13:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Puluhan warga dari Kecamatan Pengasih dan Kokap kompak mencukur rambutnya hingga gundul. Aksi ini sebagai bentuk syukur usai mendapat kabar dari pemberitaan media, bahwa calon legislatif yang mereka pilih dalam Pemilu 2019 di Kulonprogo diperkirakan lolos.

Caleg yang mereka pilih itu adalah Pancar Topo Driyo dari PDIP. Pancar mencalonkan diri untuk memperbutkan kursi DPRD Kulonprogo periode 2019-2024. Dalam pesta demokrasi yang dilangsungkan pada 17 April lalu, Pancar memberebutkan suara di Dapil II meliputi Kecamatan Kokap dan Pengasih.

"Ini merupakan nazar kami, kalau PTD [sebutan untuk Pancar Topo Driyo], kami akan cukur rambut, ada juga yang rambutnya dipotong sedikit tapi terus disemir merah," kata salah satu pendukung Pancar, Kelik, 41, usai mencukur rambutnya di halaman rumah sang caleg, di Dusun Serut, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kamis (2/5/2019) kemarin.

Pria asal Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih ini mengaku mendapat informasi lolosnya Pancar setelah membaca pemberitaan media soal perolehan suara Pemilu 2019. "Setelah tahu Pak Pancar lolos, kami langsung ke sini untuk menunaikan nazar, malah dicukur langsung sama pak Pancar," ucapnya.

Sementara itu Pancar mengaku kaget dengan kedatangan puluhan warga dari dua kecamatan yang dalam pemilu 2019 lalu merupakan wilayah dapilnya. "Mereka langsung datang ke rumah, sambil teriak merdeka, lha saya gak tahu kenapa, eh ternyata habis baca berita kalau saya lolos," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, caleg dari PDIP yang diperkirakan lolos ke DPRD Kulonprogo berdasarkan hitungan internal parpol berjumlah 12 orang. Dari jumlah tersebut, tujuh orang termasuk Pancar Topo Driyo merupakan wajah baru.

"Kalau pemilu 2014 lalu kami dapat delapan kursi, tahun ini diperkirakan tambah jadi 12 yang mana tujuh orang merupakan wajah baru," kata Bendahara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, Akhid Nuryati.

Terkait hasil rekapitulasi pemilu tingkat kabupaten, KPU Kulonrogo telah menyelesaikannya pada Senin (28/4/2019) lalu. Dalam proses ini, KPU merekap perolehan suara partai politik di tingkat kabupaten sampai PPWP dan surat keputusan terkait perolehan suara peringkat DPRD kabupaten.

Ketua KPU Kulonrogo, Ibau Muthiah, mengatakan untuk proses rekap di tingkat DIY akan dilakukan pada 7 sampai 9 Mei. Setelah itu naik ke tingkat nasional yang jika sesuai jadeal akan dilangsungkan pada 22 Mei. "Baru setelah itu penetapan calon terpilih," ujarnya.

Adapun untuk siapa saja yang dinyatakan lolos dalam Pemilu 2019 tingkat kabupaten, Ibah belum bersedia menjawab karena harus menunggu keputusan KPU RI pada akhir Mei nanti.