Advertisement

Sinabung Meletus, Kolom Abu Capai 2.000 Meter dari Puncak

Newswire
Selasa, 07 Mei 2019 - 13:57 WIB
Sunartono
Sinabung Meletus, Kolom Abu Capai 2.000 Meter dari Puncak Ilustrasi foto terjadinya guguran kubah lava dari Kaliadem, Sabtu (29/12/2018). - Ist/ Gitsayanto via Twitter BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, KARO--Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (7/5) pukul 07.48 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak atau kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan informasi dari Badan Geologi dan PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung dikutip Antara menyebutkan bahwa kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara.

Advertisement

Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 42 menit 49 detik dengan kondisi saat ini terjadi hujan abu yang masih berlangsung.

Sementara itu, Gunung Sinabung berada pada status Level IV (AWAS) dengan rekomendasi masyarakat atau pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km untuk sektor Utara-Barat, 4 km untuk sektor Selatan-Barat.

Serta dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur.

Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat.

Gunung Sinabung terakhir kali meletus pada Senin 19 Februari 2018 dengan tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5.000 meter.

Saat itu, besarnya letusan membuat sejumlah desa di Kabupaten Karo gelap gulita akibat tertutup material abu vulkanik.

Dalam letusan tersebut terdengar suara bergemuruh dan disebut sebagai letusan terdahsyat pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement