Advertisement

HUT Ke-11 Harian JOGJA: Lomba Fashion Show Inklusif Digelar untuk ABK & Non-ABK

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 07 Mei 2019 - 21:42 WIB
Laila Rochmatin
HUT Ke-11 Harian JOGJA: Lomba Fashion Show Inklusif Digelar untuk ABK & Non-ABK Fashion Show Inklusif

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menyambut HUT ke-11 tahun, Harian Jogja (Harjo) akan menyelenggarakan Lomba Fashion Show Anak dan Ibu Inklusif di Ayola Tasneem Convention Hotel Yogyakarta, Sabtu (11/5/2019) mendatang mulai pukul 15.00 WIB-selesai. Kompetisi ini memperebutkan piala Gubernur DIY, Wali Kota Jogja, dan Dinas Pendidikan Kota Jogja.

Salah satu panitia Lomba Fashion Show Anak dan Ibu Inklusif Laila Rochmatin mengatakan penyelenggara sengaja mengangkat tema inklusif sebagai bentuk penerimaan kepada anak berkebutuhan khusus (ANK) dan non-ABK.

Advertisement

Dikatakan Laila, fashion show yang mengusung tema Celebrate Inclusivity with Traditional Cloth ini ingin tampil beda. Karena biasanya lomba fashion show hanya diperuntukkan bagi non-ABK.

“Nah ini acaranya beda. Kami ingin acara ini memiliki idealisme menjadi wadah berkreasi ABK dan non-ABK. Bagaimana pun mereka sama-sama memiliki hak yang sama dan ruang yang setara untuk unjuk kebolehan. Harian Jogja sebagai media massa peduli untuk mengampanyekan masyarakat inklusif,” kata Laila, Jumat (3/5/2019).

Menurut Laila, gerakan kampanye masyarakat inklusif harus dimasifkan dengan berbagai cara. termasuk lewat ajang fashion show. “Harapannya di acara ini anak-anak akan saling memahami satu sama lain. Mereka yang non-ABK akan terlatih untuk bergaul dengan ABK, begitu juga sebaliknya. ABK akan memiliki rasa kepercayaan diri yang kuat bergabung dengan anak-anak lain. Pelajaran menerima perbedaan ini akan menjadi bekal di kehidupan sosial mereka nanti,” jelas Laila.

Untuk peserta yang ingin mengikuti kegiatan ini, cukup membayar uang investasi Rp100.000 sudah termasuk buka bersama all you can eat untuk ibu dan anak. Pendaftaran ini masih dibuka hingga Jumat (10/5/2019) dengan target peserta 50 pasangan ibu dan anak.

Persyaratan dan ketentuan antara lain, peserta merupakan ABK atau non-ABK usia 6-12 tahun, dan ibu berkebutuhan khusus. Panitia tidak membatasi model pakaian, yang terpenting berbahan baku kain tradisional, bisa batik, tenun, jumputan dan lurik. Peserta diharapkan make up sendiri.

Dipilihnya pakaian bertema tradisional karena panitia ingin mengajak anak-anak mencinta produk lokal di tengah era Revolusi Industri 4.0.
Panitia menyediakan enam piala, untuk juara I, II, dan III untuk masing-masing kelompok peserta ABK dan non-ABK. Ada juga juara untuk peserta favorit pilihan juri, peserta paling kompak, dan peserta yang paling banyak mendapatkan like di media sosial Harian Jogja. Selain piala, panitia juga menyediakan hadiah uang binaan dengan total jutaan rupiah dan berbagai hadiah menarik lainnya. Setiap peserta akan mendapatkan medali dan bingkisan menarik.

Acara ini juga akan dimeriahkan performance dari anak-anak asuhan Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (Potads) Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement