DIY Juara UNBK Tingkat SMK se-Nasional

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji. - Harian Jogja/Desi Suryanto
09 Mei 2019 20:47 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meraih nilai tertinggi untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMAK) pada 2019.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan, dalam UNBK 2019, nilai rerata di DIY meningkat signifikan secara merata di seluruh DIY, baik itu SMA, SMK maupun MA. Menurut dia, hal itu perlu dipertahankan, karena menunjukkan bahwa semakin hari guru dan kepala sekolah bisa memberikan materi kepada peserta didik dengan menyesuaikan kisi-kisi yang ada.

"Kalau dilihat dari konteks soal, soal tahun ini jauh lebih berat dibanding tahun sebelumnya. Karena menerapkan konsep High Order Thinking Skill (Hots)," kata dia, di hadapan wartawan, Kamis (9/5/2019).

Total nilai peserta yang berhasil diraih siswa-siswi SMK sebesar 221,31 dengan nilai rata-rata 55,33.

DIY berhasil menduduki peringkat pertama di atas Kepulauan Riau yang memiliki nilai rata-rata 51,74 dan diikuti DKI Jakarta dengan nilai rata-rata 50,90.

Ia menambahkan, selain meraih nilai rerata tertinggi se-Indonesia, rerata nilai UNBK jenjang Sekolah Menengah Kejuruan juga terbaik di tingkat nasional.

Aji berharap, peningkatan ini bisa memotivasi siswa kelas XI, untuk dapat belajar lebih baik, agar di tahun depan bisa dapat prestasi yang lebih baik.

GRAFIS UNBK 2019 DIY

Lima Besar Indonesia
Daerah Istimewa Yogyakarta
Kepulauan Riau
DKI Jakarta
Jawa Tengah
Bangka Belitung

Nilai Rerata Wilayah 3 Besar Tertinggi
Kota Jogja: total nilai 235,44
Kulonprogo: total nilai 222,75
Sleman: total nilai 220,54

Sumber: Disdikpora DIY