Gedung Direhab, Rapat Anggota DPRD Sleman Bakal Pindah-Pindah Tempat

Ilustrasi. - Reuters/Tyrone Siu
09 Mei 2019 10:07 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sleman akan mulai direhab total tahun ini dengan estimasi waktu pengerjaan dua tahun, hal tersebut membuat kegiatan dan rapat para anggota dewan pun berpindah-pindah tempat.

Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Sleman, Lasiman, mengatakan, karena gedung dewan akan direhab, untuk rapat, baik rapat komisi maupun rapat paripurna berpindah-pindah untuk sementara waktu ini.

“Rapat paripurna tempat menyesuaikan jenis paripurnanya, bisa di lantai 3 Setda, Pendopo Parasamya atau Aula Bappeda,” kata dia, Rabu (8/5/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk kantor fraksi dan pimpinan dewan, saat ini, meminjam ruang di Gedung Arsip Dinas Penanaman Modal Perizinan dan Pelayanan Terpadu (DPMPPT) Sleman. Sedangkan untuk sekretariat dewan, kata dia, menempati gedung baru di belakang gedung dewan lama.

“Untuk rapat yang bersifat biasa dilaksanakan diruang-ruang komisi di Gedung Arsip Dinas Penanaman Modal Perizinan dan Pelayanan Terpadu (DPMPPT) Sleman,” tambah dia.

Rencana pembangunan gedung dewan akan berlangsung pada tahun ini hingga 2020. Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman Sunarto mengatakan, saat ini, progres pembangunan masih dalam tahap penyusunan dokumen persiapan pengadaan. Sehingga proses lelang masih harus menunggu.

“Masih taraf penyusunan dokuman sambil menunggu penghapusan aset yang dilakukan oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman. Gedung dewan yang baru direncanakan empat lantai. Termasuk basement yang difungsikan sebagai tempat parkir,” jelas dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sleman Inoki Azmi Purnomo mengatakan, kondisi sebagian ruang untuk komisi dan fraksi sudah sangat memprihatinkan. Oleh karenanya memang perlu dilakukan perbaikan.

“Bangunan DPRD Sleman yang dibangun pada 1990 sudah tidak memadai dan dibutuhkan gedung yang baru,” kata Inoki Azmi Purnomo.