Kehilangan Suara 1.508, PPP Sleman Akan Gugat KPU

Rekapitulasi suara KPU Sleman di Aula Bappeda Sleman, Selasa (7/5/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
09 Mei 2019 21:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menggugat penyelenggara pemilu yakni KPU, hal tersebut merupakan imbas dari hilangnya 1.508 suara PPP pada proses rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman.

“Meskipun suara yang hilang sudah dikembalikan, kami akan menempuh jalur hukum. Intinya yang melaksanakan tugas ini yang akan kami tuntut, titik temu siapa yang bermain. Ini tidak sedikit 1.508 suara. Langkah selanjutnya kami akan melakukan gugatan terhadap penyelenggara. Otomatis ini akan menggugat PPK di tingkat kecamatan,” kata Ketua DPC PPP Sleman, HM Nasikhin, Kamis (9/5/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya mengetahui kehilangan suara pada Selasa (7/5/2019), saat proses penghitungan di tingkat Kabupaten, pihaknya pun keberatan dan meminta dilakukan pengecekan plano, saat itu, ditemukan bahwa suara PPP dan beberapa partai lainnya bergeser ke salah satu partai, yakni Partai Nasdem.

“Angka seribu itu cukup besar, meskipun kami di dapil 4 (dapil yang kehilangan suara) tidak mendapatkan kursi. Namun suara itu bisa merubah draft kursi di Dapil 4, dan saya yakin partai lain juga akan ada yang dirugikan, kami akan berkonsultasi dengan lembaga advokasi dan tempuh jalur hukum,” jelas dia.