Advertisement

Suara Hasil Pemilu Partai di Sleman Berpindah, Salah Satunya Masuk ke Nasdem

Yogi Anugrah
Kamis, 09 Mei 2019 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Suara Hasil Pemilu Partai di Sleman Berpindah, Salah Satunya Masuk ke Nasdem Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/ Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Kasus hilangnya suara hasil Pemilu 2019 ditengarai terjadi di Sleman.

Kasus hilangnya suara antara lain dialami Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Partai ini menyebut kehilangan 1.508 suara PPP pada proses rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman.

Advertisement

“Meskipun suara yang hilang sudah dikembalikan, kami akan menempuh jalur hukum. Intinya yang melaksanakan tugas ini yang akan kami tuntut, titik temu siapa yang bermain. Ini tidak sedikit 1.508 suara. Langkah selanjutnya kami akan melakukan gugatan terhadap penyelenggara. Otomatis ini akan menggugat PPK di tingkat kecamatan,” kata Ketua DPC PPP Sleman, HM Nasikhin, Kamis (9/5/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya mengetahui kehilangan suara pada Selasa (7/5/2019), saat proses penghitungan di tingkat Kabupaten, pihaknya pun keberatan dan meminta dilakukan pengecekan plano, saat itu, ditemukan bahwa suara PPP dan beberapa partai lainnya bergeser ke salah satu partai, yakni Partai Nasdem.

“Angka seribu itu cukup besar, meskipun kami di dapil 4 [dapil yang kehilangan suara] tidak mendapatkan kursi. Namun suara itu bisa merubah draf kursi di Dapil 4, dan saya yakin partai lain juga akan ada yang dirugikan, kami akan berkonsultasi dengan lembaga advokasi dan tempuh jalur hukum,” jelas dia.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ikhsan Siregar mengatakan dalam forum rekapitulasi tersebut, pihaknya menemukan adanya fakta pergeseran suara baik antar partai maupun antar caleg.

“Jadi temuan ini akan kami kaji, konteksnya apakah masuk pidana pemilu, kode etik, atau administrasi,” kata Arjuna.

Sebelumnya diberitakan, proses rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman pada Selasa (7/5) malam diwarnai protes dari kubu Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hal tersebut dikarenakan perolehan suara PPP berkurang sebanyak 1.508 suara.

Sementara itu, hingga pukul 19.00 WIB, rekapitulasi suara KPU Sleman masih berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya

News
| Selasa, 23 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement