Advertisement

UNBK KULONPROGO : SMK Melesat, SMA Jeblok

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 09 Mei 2019 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
UNBK KULONPROGO : SMK Melesat, SMA Jeblok Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Kabupaten Kulonprogo berhasil meraih peringkat kedua dari seluruh daerah di DIY dalam UNBK tingkat SMK sederajat 2019. Sebaliknya, tingkat SMA jeblok, karena hanya duduk di peringkat empat dari lima kabupaten dan kota. 

"Berdasarkan informasi Dikpora DIY, SMK kita berhasil dapat peringkat di nomor dua, sementara untuk SMA ada di peringkat empat," kata Kepala Balai Dikmen Kulonprogo Henry Tatik, Kamis (9/5/2019). 

Advertisement

Dia memaparkan rata-rata nilai UNBK tingkat SMK di Kulonprogo mencapai 222,75. Hasil ini lebih tinggi dari rata-rata DIY sebesar 221,31. Sedangkan untuk SMA yang terdiri dari IPA, IPS dan Agama, rata-rata nilai yang diperoleh Kulonprogo masih di bawah rata-rata nilai DIY. 

Dia merinci rata-rata nilai IPA di Kulonprogo sebesar 61,14; IPS, 57,06; dan agama, 51,19. Sedangkan tingkat DIY rata-ratanya yakni IPA, 65,35; IPS, 60.62 dan agama, 60,87. "Iya kita masih di bawah rata-rata, dibandingkan daerah lain juga masih jauh, untuk Jogja aja rata-ratanya bisa sampai 70," ujarnya. 

Tatik mengatakan hasil tingkat SMK meski tergolong baik tetap harus dievaluasi agar pada UNBK berikutnya tidak melorot. Minimal bisa mempertahankan peringkat tersebut. Sedangkan untuk UNBK SMA, menurutnya perlu ada perbaikan, baik itu disisi guru dalam hal mengajar maupun kecakapan siswa menangkap pelajaran.

"Kami harap tahun depan bisa berubah ke arah lebih baik, terutama di tingkat SMA. Sebenarnya latihan ujian [SMA dan SMK] juga udah dilakukan beberapa kali, mungkin perlu ditingkatkan kualitasnya," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement