Kursi Pimpinan Dewan Kulonprogo Kembali Jatuh ke PDIP

Ilustrasi DPRD
09 Mei 2019 20:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kulonprogo kemungkinan kuat bakal kembali diraih PDIP.

Nama yang akan muncul nantinya, diserahkan pada mekanisme internal partai.

Bendahara DPC PDIP Kulonprogo, Akhid Nuryati mengatakan berdasarkan rekapitulasi tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo, PDIP menjadi parpol dengan raihan suara paling banyak di Kulonprogo. Jumlah raihan suara PDIP dan calegnya untuk DPRD Kulonprogo sampai 78.170 suara sah.

Perolehan suara tersebut membuat PDIP berhak mendapatkan jatah kursi untuk Ketua DPRD Kulonprogo lagi. Sebelumnya, jatah kursi Ketua DPRD Kulonprogo di periode 2014-2019 itu juga didapat PDIP. Setelah mekanisme internal parpol, Akhid naik menjadi Ketua DPRD Kulonprogo untuk masa 2014-2019.

"Pimpinan jelas dari parpol pemenang yang mendapatkan suara terbanyak. Otomatis dari PDIP," ujar Akhid pada Kamis (9/5/2019). Akhid mengatakan nantinya setelah ditetapkan sebagai parpol pemenang, siapa yang akan naik menjadi Ketua DPRD akan diserahkan pada mekanisme internal partai.

"Tiap partai mempunyai aturan tersendiri dalam menentukan siapa yang maju jadi pimpinan dewan, tidak serta merta suara terbanyak," jelas Akhid.