Dua Rumah di Gunungkidul Terbakar, Salah Satunya karena Kembang Api

Ilustrasi kebakaran. - Reuters
11 Mei 2019 16:47 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dalam waktu sehari terdapat dua rumah terbakar di Kabupaten Gunungkidul. Pertama ada rumah milik Wiyono, 65, Padukuhan Macanmati RT 04/RW 06, Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang dan rumah milik Warjono, 75, warga Dusun Tugu RT 01/RW 01, Desa Sumberejo, Kecamatan Semin.

Kapolsek Panggang, AKP Dani Purnama, mengatakan kebakaran berawal dari saat cucu Marsudi sedang menggoreng tempe yang akan dijadikan menu tajil. Namun saat sedang menggoreng, cucu Marsudi yakni Intan meninggalkan dapur begitu saja.

“Dia pergi ke rumah temannya sekitar pukul 09.00 WIB dan lupa mematikan kompor sehingga kebakaran terjadi,” ujarnya, Sabtu (11/5/2019).

Dia menjelaskan, butuh waktu 30 menit untuk memadamkan api. Beruntung dari peristiwa tersebut yang terbakar hanya dapur saja tidak sampai merembet ke rumah, namun kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta.

Terpisah, Kapolsek Semin, AKP Haryanto, menuturkan kebakaran yang dialami oleh Warjono disebabkan oleh cucunya yang bernama Hasan. Saat itu dia sedang bermain kembang api di dalam rumah pukul 08.15 WIB.

“Akibatnya percikan dari kembang api tersebut mengenai tumpukan jerami sehingga langsung membakar bagian blandar,” kata Haryanto.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu tetapi kerugian yang dialami sekitar Rp5 juta. Pasalnya yang terbakar adalah tempat untuk pakan ternak di rumahnya.