Bawaslu Kumpulkan Bukti Berpindahnya Ribuan Suara PPP ke Partai Nasdem

Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/ Nurul Hidayat
12 Mei 2019 07:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman tengah mengumpulkan bukti-bukti berpindahnya ribuan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ke Partai Nasdem.

Alat bukti tersebut akan menjadi bahan rapat pleno Bawaslu untuk menentukan apakah berpindahnya suara PPP termasuk pidana Pemilu atau tidak.

Koordinator Divisi Data Hukum dan Informasi Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan jika Bawaslu masih terus melakukan investigasi, mengumpulkan data dan informasi awal untuk dikaji.

"Rapat pleno pekan depan, kemungkinan Senin, untuk menentukan bentuk pelanggarannya. Rencananya PPP juga mau ke Bawaslu membuat laporan," kata Arjuna.

Arjuna menambahkan, hasil kajian nanti bakal dibahas di rapat pleno Bawaslu Sleman yang diagendakan digelar Senin (13/5/2019). Rapat pleno tersebut juga akan menentukan bentuk pelanggaran atas pergeseran ribuan suara PPP itu.

Sebelumnya, pergeseran suara PPP itu terungkap dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi KPU Sleman untuk surat suara DPRD Kabupaten di Kecamatan Depok.

Kemudian, pihak dari PPP menyampaikan keberatannya karena ada perbedaan data dalam hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan dengan kabupaten. Dari total 2.929 suara, PPP kehilangan 1.508 suara yang ternyata bergeser di Nasdem sekitar 1.200 suara dan partai lain.