PEMILU 2019: Muncul 26 Wajah Baru di DPRD DIY, Ada Yuni Satia Rahayu dan Hanum Rais

Ilustrasi DPRD
13 Mei 2019 17:37 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Calon anggota DPRD DIY hasil Pemilu 2019 berpotensi menghasilkan sejumlah wajah baru. Dari 55 kursi yang ada setidaknya 26 kursi akan diduduki wajah baru.

Jumlah suara PDI-P untuk DPRD DIY pada Pemilu 2019 mampu meraih 17 kursi. Dari raihan tersebut, sejumlah nama baru dipastikan menjadi anggota DPRD DIY 2019-2024 seperti Imam Priyono (mantan wawali Jogja), Novida Kartika Hadhi, Yuni Satia Rahayu (mantan wakil bupati Sleman), Rita Nur Mastuti, Wahyu Pradana Ade Putra, Bambang Setyo Martono dan Sutemas Waluyanto. Sebagian memang mantan anggota DPRD di tingkat kabupaten yang mampu melaju ke tingkat provinsi.

"Target kursi kami dinaikkan dari sebelumnya 14 kursi menjadi 17 kursi. Sudah terpenuhi. Ini dikarenakan banyak caleg yang kami usung mampu meraih suara maksimal," kata Ketua DPW Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DIY, Bambang Praswanto, Senin (13/5/2019).

Untuk Partai Golkar mampu menempatkan lima kadernya di DPRD DIY, di antaranya ada wajah baru seperti Lilik Syaiful Ahmad dan Nurcholis Suharman.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasdem DIY Tommy Nursamsu mengatakan perolehan kursi NasDem untuk DPRD DIY tidak jauh berbeda dengan Pemilu 2014. Nasdem hanya meraih tiga kursi. Bedanya Pemilu 2014, dua kursi dari Sleman dan satu kursi dari Gunungkidul, Pemilu 2019 dua kursi dadi Gunungkidul dan satu kursi dari Sleman. Satu nama baru yang berhasil berlabuh adalah mantan Kepala Dinas Pertanian Sleman, Widi Sutikno.

Kondisi berbeda justru mencolok di kursi DPRD Kota Jogja dari sebelumnya hanya ditarget satu kursi justru mendapatkan empat kursi. "Ini tidak lepas dari konsep dasarnya Bersatu Berjuang Menang. Ada kebersamaan para Caleg untuk membawa NasDem menjadi lebih baik. Meskipun dalam prakteknya banyak tantangan dan rintangan," kata Tommy.

Tuah Pemilu 2019 juga menyasar PKS. Suara PKS di DIY mampu menambah satu kursi dari enam ke tujuh kursi. Tambahan satu kursi Pemilu 2019 PKS berasal dari Dapil Bantul Barat. Selain Muh Syafii, yang merupakan wajah baru adalah Amir Syarifudin, Sofyan Setyo Darmawan dan Imam Taufik. "Untuk DPRD DIY, kursi kami juga naik dari sebelumnya enam menjadi tujuh kursi. Semua dapil kami dapat kursi," kata Ketua DPW PKS M Darul Falah.

Adapun perolehan suara di PAN DIY tahun ini juga harus kehilangan satu kursi, dari sebelumnya delapan kursi menjadi tujuh kursi. Meski begitu, ada dua wajah baru di Fraksi PAN dengan hadirnya dua anak pentolan PAN, Amin Rais, Ahmad Baihaqy Rais dan Hanum Salsabila Rais.

Partai PKB juga menambah jumlah kursi dari awalnya lima kursi menjadi enam kursi. PKB mendapatkan amunisi tambahan dari caleg baru mulai Umaruddin Masdar, Hifni Muhammad Nasikh, Syukron Arif Mutaqin dan Sutiyo. Mereka bersanding dengan dua petahana lainnya, Aslam Ridlo dan Sudaryanto.

Demokrat harus kehilangan satu kursinya Dapil 4 dan hanya mendudukkan satu kadernya, Erlia Risti di kursi DPRD DIY. Satu kursi juga diperoleh PPP Muhammad Yazid. Adapun partai pendatang baru, PSI juga meraih satu kursi di DPRD DIY, Stevanus Christian Handoko.