Advertisement

Dewan Dukung Hasto Jadi Pejabat Jokowi

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 13 Mei 2019 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Dewan Dukung Hasto Jadi Pejabat Jokowi Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Para pimpinan DPRD Kulonprogo mendukung pengangkatan Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menjadi kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Mereka akan menyiapkan calon untuk duduk mengisi posisi wakil bupati. 

"Karena mekanisme itu kan sudah diatur, kalau jabatan bupati kosong, maka yang mengisi wabup, nanti posisi wabup akan diisi calon yang diusulkan partai pengusung, untuk kemudian dipilih DPRD sesuai aturan," kata Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati kepada sejumlah awak media, di kantor DPRD Kulonprogo, Senin (13/5/2019). 

Advertisement

Bendahara DPC PDIP Kulonprogo ini menerangkan mekanisme tersebut telah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten, dan Kota, mengatur tentang tata cara pengisian kekosongan jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. 

Melalui PP tersebut, pemerintah memberikan kewenangan lebih kepada DPRD dalam menjalankan fungsinya di tingkat daerah.

Saat ini DPRD Kulonprogo, masih menunggu kepastian pengangkatan tersebut. Sebab SK hingga hari ini belum turun. "Kita masih menunggu, nanti pastinya gimana," ujarnya. 

Sementara itu Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo enggan berkomentar banyak perihal pengangkatan Hasto sebagai Kepala BKKBN. Pun demikian dengan jabatannya yang jika informasi itu benar, akan naik menjadi bupati. "Saya belum akan menjawab karena SK belum terima," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement