Gerindra Incar Kursi Pimpinan DPRD DIY, Ini Sejumlah Nama yang Berpeluang

Ilustrasi DPRD
14 Mei 2019 21:37 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Perolehan suara Pileg 2019 tingkat DIY dikuasai PDI-P (17 kursi). Mereka berhak mendudukkan kader terbaiknya sebagai Ketua DPRD. Partai Gerindra yang menjadi meraih suara terbanyak ketiga (7 kursi), juga mengincar kursi pimpinan Dewan. 

Selain Gerindra, ada tiga partai lainnya (PKB, PKS dan PAN) yang juga meraih tujuh kursi. Kader dari ketiga partai tersebut juga berhak menempatkan kadernya sebagai wakil ketua DPRD DIY. Gerindra akan bersaing untuk mendapatkan satu kursi pimpinan Dewan.

Sekretaris DPD Partai Gerindra DIY Dharma Setiawan mengatakan, dari tujuh caleg terpilih ada tiga nama yang berpeluang untuk menjadi Wakil Ketua DPRD. Ketiganya, Anton Prabu Semendawai, RM Sinarbiyat Nujanat dan Danang Wahyu Broto. "Ketiga nama ini secara jabatan struktural partai, paling tinggi di antara lainnya," kata Dharma saat dihubungi, Selasa (14/5/2019).

Di Partai Gerindra, kata Dharma, jabatan ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) paling berpeluang untuk dicalonkan. Dharma sendiri, sebagai sekretaris DPD Partai Gerindra DIY. Namun dia gagal terpilih menjadi anggota DPRD DIY karena kalah bersaing dengan Anton Prabu Semendawai yang notabene merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Jogja. 

Adapun dua Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DIY, Sinarbiyat dan Danang kembali terpilih sebagai anggota DPRD DIY 2019-2024. Kecuali Retno Sudiyanti, Caleg lainnya yang terpilih berstatus incumbent. "Kami akan memberikan kesempatan yang sama bagi semua caleg terpilih. Mereka akan dipanggil untuk mengikuti fit and proper test, penyampaian visi misi," katanya.

Untuk menentukan siapa yang menjadi wakil ketua DPRD maupun ketua Fraksi di tangan ketua dewan pembina DPP Partai Gerindra. Berdasarkan usulan dan rekomendasi dari DPD DIY. Gerindra, katanya, juga mengincar satu ketua komisi namun dia enggan menyebutkannya. "Posisi ketua fraksi juga sama pentingnya karena kepanjangan partai. Wakil ketua DPRD itu jabatan di dewan, kalau di fraksi dia tetap anggota fraksi," ungkapnya.