Jelang Lebaran, Gunungkidul Lakukan Antisipasi Ini…

Kegiatan pengecekan angkutan jelang arus mudik dan arus balik di PO Bus Maju Lancar, Logandeng, Playen, Selasa (12/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
17 Mei 2019 09:27 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI -- Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menggelar pertemuan lintas sektoral pada Kamis (16/5/2019) guna membahas persiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri. Adapun jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir ialah Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pariwisata, tim SAR, Polres Gunungkidul, dan Kodim 0730 Gunungkidul.

Jumlah personil kepolisian yang disiapkan sebanyak 445 orang, personil TNI 45 orang, Satpol PP 45 orang, PMI 20 orang, dan Dishub 35 orang. Jumlah tersebut merupakan personil yang disiagakan dalam operasi progo.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, mengatakan pertemuan seperti ini rutin digelar tiap tahun. Ia menyebut titik-titik yang menjadi perhatian saat jelang Lebaran adalah Siyono, Pasar Argosari, dan Kecamatan Semin.  "Itu tempat-tempat yang wajib," kata, Kamis (16/5/2019)

Hal itu perlu diantisipasi, apalagi saat hari raya lebaran jangan ada masyarakat yang memanfaatkan situasi seperti menaikkan harga secara sepihak. "Saya tahu semua orang ingin untung tetapi jangan berlebihan," ujarnya.

Upaya yang dilakukan oleh jajarannya untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi dengan cara inspeksi mendadak (sidak). Pemkab mengimbau agar warung makan mencatumkan daftar harga supaya transparan.  "Itu ada perdanya," imbuhnya.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady, mengungkapkan pertemuan lintas sektoral bertujuan agar memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mudik maupun berwisata di Bumi Handayani. Jajarannya sudah membentuk empat pos pengamanan.

"Empat pospam ada di Siyono, Kecamatan Patuk, Pantai Baron, dan Pantai Pulang Sawal," ucapnya.

Selain itu, Polres Gunungkidul juga mendirikan tiga pos pelayanan yaitu di Kecamatan Wonosari, Kecamatan Semin, dan Pasar Argosari. Posko yang ada kedepannya akan buka sampai dengan 9 Mei 2019.