Aris Nugraha Isi Posisi Kepala Disperpangan

ILustrasi lelang jabatan - JIBI
23 Mei 2019 04:02 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Beberapa jabatan pimpinan tinggi pratama di Pemerintahan Kabupaten Kulonprogo yang sebelumnya sempat kosong akhirnya terisi. Setelah melewati proses lelang jabatan pada 22 Februari sampai 9 Maret lalu, peserta terpilih yang dinyatakan lolos mengikuti pelantikan pada Rabu (22/5/2019).

Pelantikan yang dilangsungkan di Gedung Kaca Pemkab Kulonprogo ini diikuti 30 orang pejabat struktural, 53 pejabat fungsional tertentu, 11 kepala sekolah, 41 bidan, satu perawat serta penyerahan 17 SK CPNS yang bertugas di Pemkab Kulonprogo.

Dari sekian pejabat tersebut, terdapat posisi-posisi penting yang sebelumnya sempat kosong, yakni Kepala Dinas Pertanian dan Pangan serta Kepala Dinas Perdagangan. Semula jabatan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan diisi oleh Bambang Tri Budi. Namun yang bersangkutan diangkat menjadi Asisten II bidang Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekda Kulonprogo.

Kini bekas posisi Bambang di Dinas Pertanian dan Pangan telah diisi oleh Muh Aris Nugraha. Aris bukanlah sosok asing di instansi tersebut. Ppada 2016 lalu dirinya masih menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan sebelum akhirnya pindah ke Dinas Pertanahan dan Tata Ruang. Di dinas tersebut ia juga menjabat sebagai Sekretaris.

Untuk jabatan Kepala Dinas Perdagangan yang sebelumnya diduduki oleh Krissusanto sempat kosong lantaran yang bersangkutan telah memasuki masa purna tugas. Kini posisinya diisi oleh Iffah Mufidati. Sebelumya Iffah menjabat sebagai Kabag Hukum Setda Kulonprogo.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo yang hadir melanti para pejabat tersebut meminta agar posisi baru ini dijalankan dengan optimal. Selain itu sebagai pemimpin harus memiliki karakter kepemimpinan antara lain berintegritas, banyak membaca dan, mempunyai sifat kepahlawanan.

“Kepemimpinan bisa tergantung tingkat kependidikan, jam terbang, kehidupan kerohanian, tetapi yang terakhir tidak bisa lepas dan tergantung integritas,” katanya, Rabu.

Khusus integritas, ia menekankan hal itu betul-betul penting karena terkait standard moralitas dan etika pribadi. Pengertian integritas, dari dari bahasa latin, integer yang berarti lengkap, utuh. Maksudnya menyatunya pikiran, perkataan, perbuatan. Harus jujur, komitmen dan konsisten.

Selain jabatan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan serta Kepala Dinas Perdagangan, terdapat pula jabatan kepala dinas yang masih kosong, namun peserta terpilih belum bisa ikut pelantikan. Jabatan itu yakni Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang sebelumnya diisi oleh Djulistyo. Kini jabatan itu masih kosong lantaran Djulistyo diangkat menjadi Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Kulonprogo.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulonprogo Yurianti mengatakan berbeda dengan dua jabatan lain, khusus untuk Kepala Disdukcapil, setelah nanti Bupati memilih, akan diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk ditetapkan SK pengangkatan. “Pelantikan ditargetkan akhir Mei,” ucapnya.