Atur Mudik, Persimpangan Jalan Dipasangi Rambu Temporer

Jumpa pers menghadapi arus mudik Lebaran 2019 di di Ruang Binangun IV kompleks Pemkab Kulonprogo, Rabu (22/5).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara
23 Mei 2019 10:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Menjelang arus mudik yang diprediksi akan memasuki puncaknya pada H-4 atau Sabtu (1/6/2019), Dinas Perhubungan Kulonprogo segera memasang rambu-rambu temporer di sejumlah persimpangan jalan.

“Akan ditambahkan rambu ke kiri jalan terus di beberapa titik, ada di simpang tiga Toyan arah barat, simpang tiga depan Terminal Wates dari arah Jogja [arah timur], simpang tiga milir arah jogja, simpang tiga kenteng tugu pensil dan simpang tiga Ngepalng Sentolo,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulonprogo, Hera Suwanto, dalam jumpa pers arus mudik Lebaran 2019 di Ruang Binangun IV kompleks Pemkab Kulonprogo, Rabu (22/5/2019).

Hera mengatakan pemasangan ini sebagai upaya antisipasi kemacetan yang kerap terjadi di sejumlah persimpangan jalan. Pemasangan rambu ditargetkan selesai pada H-10 Lebaran. Untuk jalur yang berpotensi menjadi titik kemacetan di antaranya Jalan Nasional Purworejo-Jogja, tepatnya di kawasan dari dan menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kecamatan Temon. Adapula persimpangan Jalan Dekso, Kecamatan Kalibawang.

Untuk mengantisipasi kemacetan di depan bandara, Dishub telah berkoordinasi dengan Angkasa Pura 1 dan PP KSO. Hasilnya akan dibangun posko pengamanan. Selain itu juga telah dikeluarkan kebijakan bahwa pada H-5 hingga H+5 Lebaran angkutan tambang penyuplai bahan material di YIA disetop operasionalnya.

Bagi pemudik yang menghindari kemacetan di jalur tersebut dapat memilih jalan alternatif di antaranya Jalur Jurangkah tembus pertigaan dalangan atau pertigaan arah menuju Pantai Glagah ke selatan dan tembus jalur jalan lintas selatan.

Terkait dengan keberadan posko Lebaran, Kepala Dishub Kulonprogo, Bowo Pristiyanto, mengatakan pembangunan posko sudah dilakukan sejak hari ini. Nanti mulai beroperasi pada H-7 hingga H+ Lebaran. Di posko yang tersebar di beberapa titik termasuk di depan Kantor Dishub Kulonprogo tersebut menyediakan segala informasi bagi para pemudik, mulai dari informasi bengkel hingga klinik dan rumah sakit yang buka.

Beberapa puskesmas nanti disiagakan untuk para pemudik, seperti Puskesmas Temon 1, Sentolo 1, Galur 1, Girimulyo 2 dan Samigaluh 2, selama 24 jam. Rumah sakit yang lain juga akan siap.