Ratusan Tukang Becak Terima Bantuan Sembako

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, memberikan bantuan sembako dan uang tunai kepada pengayuh becak di Kecamatan Wates, Kulonprogo, Kamis (23/5). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
24 Mei 2019 04:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Ratusan tukang becak mendapatkan bingkisan sembako dan uang senilai Rp150.000 yang merupakan zakat kolektif dari para aparatur sipil negara di Lingkungan Pemkab Kulonprogo, Kamis (23/5/2019). Penyerahan bantuan yang dipusatkan di depan Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, itu dihadiri 134 pengayuh becak se Kulonprogo.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo yang hadir untuk memberikan langsung bantuan tersebut mengatakan penerimaan zakat ASN tiap tahunnya terus meningkat. Kini setiap bulan bisa diperoleh sekitar Rp400 juta. Sehingga dalam setahun hampir Rp5 miliar.

Dengan nominal itu diharapkan dapat membantu masyarakat Kulonprogo, lewar kegiatan bedah rumah, bantuan kepada tukang becak, safari jumat, pedagang kecil, kaum duafa, fakir miskin dam semua pihak untuk kemudian tersentuh. "Alhamdulillah saya terimakasih pada ASN yang satu tahun zakatnya hampir Rp5 miliar, semoga dapat berguna bagi masyarakat,” kata Hasto.

Kepada para pengayuh becak, Hasto mengmbimbau agar meningkatkan pelayanan. Apalagi sekarang sudah ada bandara Yogyakarta Internasional Airport yang mulai beroperasi pada awal Mei. Nantinya pengayuh becak akan diseragamkan, dan becak dicat ulang.

"Ini untui menyambut adanya bandara baru, Kulonprogo tambah ramai semoga pengayuh becak juga bertambah rezeki," ujarnya.

Ketua Baznas Kulon Progo Abdul Madjid menyampaikan, kegiatan ini merupakan pentasarufan dana Baznas Kulonprogo. Tahun ini pihaknya menyalurkan bantuan sebesar Rp 297,4 juta untuk 1.487 Rois. Penyaluran dilakukan per kecamatan dari 21 hingga 23 Mei.

"Sudah dimulai dari Kecamatan Nanggulan, Girimulyo, Kalibawang, dan Samigaluh pada Selasa kemarin, lalu disusul untuk Kecamatan Pengasih, Sentolo, Temon, Kokap. Sedangkan hari ini Kecamatan Galur, Lendah, Panjatan, dan Wates," ujarnya.