Lebaran, Warga Jogja Mulai Serbu Mal

Ilustrasi mal. - Harian Jogja/Holy Kartika N.S
25 Mei 2019 23:37 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Semakin mendekati Lebaran, kunjungan ke pusat perbelanjaan alias mal di DIY meningkat hingga 40%. Public Relation Jogja City Mall, Mimi Jamilati mengatakan pada Jumat (24/5/2019) lalu jumlah pengunjung mengalami peningkatan hingga 40%.

"Biasanya untuk hari-hari biasa jumlah pengunjung sekitar 20.000. Pada Jumat kemarin jumlah kunjungan meningkat menjadi sekitar 25.000. Dan kami meyakini jumlah ini akan terus bertambah," kata dia, Sabtu (25/6/2019).

Mimi menyebutkan, pada akhir pekan jumlah pengunjung ke Jogja City Mall lebih banyak lagi sekitar 30.000 per hari. Ia meyakini semakin dekat Lebaran jumlah tersebut akan bertambah banyak apalagi banyak program dan promo menarik bagi pengunjung.

"Saat ini ada diskon di setiap tenant dan diskon spesial Ramadan. Ada pula late night sale dan bazar spesial Ramadan di atrium. Kami akan memberikan layanan dan fasilitas yang baik agar pengunjung tetap merasa nyaman ketika berbelanja ke Jogja City Mall," papar dia.

Kunjungan ke Plaza Ambarrukmo pun ikut meningkat. General Manager Plaza Ambarrukmo, Surya Ananta, menjelaskan ketika awal Ramadan, peningkatan kunjungan terpola menjelang waktu berbuka. Banyak pengunjung yang menunggu dan berbuka di mal.

"Kenaikan kunjungan menjelang berbuka cukup tinggi dibandingkan hari-hari biasa. Kemudian, beberapa hari ini trafik kunjungan semakin meningkat apalagi kami ada late night sale dan ada program menarik dari masing-masing tenant," kata dia.

Ia mengungkapkan pada hari biasa, jumlah kunjungan di Plaza Ambarrukmo sekitar 30.000 pengunjung per hari dan pada akhir pekan antara 40.000 dan 50.000 pengunjung. Adapun jumlah pengunjung saat ini mengalami peningkatan 20% hingga 30%.

"Saat ini sudah di atas normal weekday. Menjelang long weekend bisa di atas 50.000. Kami prediksi puncak kunjungan menjelang Idulfitri ketika pengunjung luar kota mulai tinggal di DIY dan penduduk DIY belum banyak keluar, jadi menumpuk," jelas dia.

Tingginya kunjungan juga dinilai berbanding lurus dengan peningkatan transaksi di setiap tenant. Namun, ia mengaku belum mendapatkan laporan rinci mengenai kenaikan transaksi yang ada. "Tentu jumlah belanja meningkat apalagi di restoran. Peningkatannya paling banyak karena banyak yang berbuka puasa di restoran yang ada di Plaza Ambarrukmo," papar dia.

Ia mengatakan semakin meningkatnya kunjungan, maka arus lalu lintas di sekitar Plaza Ambarrukmo akan semakin padat. Pihaknya bekerja sama dengan kepolisian setempat untuk mengatur alur lalu lintas agar berjalan lancar.

"Proyek Jembatan Penyeberangan Orang [JPO] kami pun akan kami kurangi karena trafik lalu lintas meningkat," jelas dia.