Terminal Jombor Mulai Ramai Penumpang

Suasana terminal Jombor pada Sabtu (25/5/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
25 Mei 2019 19:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :


Harianjogja.com, SLEMAN-- Kenaikan pengunjung di terminal Jombor sudah mulai terlihat Sabtu (25/5/2019). Hal tersebut tentunya seiring dengan makin dekatnya waktu perayaan hari raya Idulfitri yang diprediksikan bakal jatuh pada tanggal 5 atau 6 Juni.

Petugas Dinas Perhubungan DIY, Siswaka menyatakan jika kenaikan penumpang di terminal Jombor diprediksikan bakal terjadi pada H-7 nanti. "H-7 itu sudah ada pergerakan," kata Siswaka kepada Harianjogja.com sembari memberikan tiket kepada setiap bus yang memasuki terminal Jombor, Sabtu (25/5/2019).

Namun, Siswaka mengatakan jika untuk saat ini kenaikan jumlah pengunjung didominasi mereka yang bertujuan ke Sumatera.

Sedangkan, dia mengatakan jika puncak kenaikan pengunjung secara umum itu terjadi pada H-3 atau H-2. "Biasanya H-3 H-2 lebaran itu sudah mulai puncak kenaikan pengunjung, apalagi tanggal 30 juga libur," tuturnya.

Kendati demikian, untuk penambahan armada sendiri, Siswaka mengatakan jika armada tambahan nantinya bakal disiapkan jika dibutuhkan kalau-kalau jumlah penumpang melebihi dari kapasitas jumlah armada yang ada di terminal Jombor. "Biasanya ada armada cadangan dan itu provinsi yang menyiapkan," ujarnya.

Petugas Dishub DIY lainnya, Joko Untung, mengatakan jika untuk tujuan Sumatra rata rata armada yang disediakan dari terminal Jombor sebanyak 40an armada. "Bus nya antara lain Puspa Jaya, Putera Remaja, Rosalia Indah, Ramayana," tuturnya.

Dia mengatakan, kenaikan seperti ini juga dirasakan seperti tahun tahun lalu.

Kemudian, Joko mengatakan, penumpang yang mendominasi tujuan Sumatera notabene Mahasiswa luar Jawa yang mengambil studi di DIY. "Untuk penumpang umum itu paling tidak nanti mulai ramenya di tanggal Kamis (30/5/2019) karena juga bertepatan dengan hari libur," terangnya.

Dia mengatakan jika mahasiswa banyak yang mendahului dari penumpang umum menghindari kepadatan lalu lintas dan waktu mereka lebih fleksibel.

Sementara itu, salah satu penumpang di terminal Jombor bertujuan ke Lampung, Iwan, 24, mengatakan jika ia dan tiga kawannya lebih memilih untuk pulang hari ini guna menghindari kepadatan.

"Kita lebih memilih untuk pulang hari ini untuk menghindari macet di Jalan, sampai di rumah juga bisa lebih menghabiskan waktu yang banyak dengan keluarga," ujarnya.