Ada Ambulans Gojek di Jogja, Ini Gunanya

Puluhan driver mitra Gojek berfoto bersama saat acara buka puasa yang digelar oleh manajemen Gojek, menggandeng Pemkot Jogja, pada Jumat (24/5/2019). - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim
26 Mei 2019 00:07 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST16). Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Penyedia layanan transportasi berbasis online, Gojek, menggelar buka puasa bersama jajaran Pemkot Jogja, pada Jumat (24/5/2019). Acara ini dihadiri puluhan mitra driver Gojek di Jogja.

Acara buka puasa bersama kali ini merupakan ajang mempererat silaturahmi dengan berbagai pihak yang ada dalam ekosistem Gojek, antra lain Pemkot Jogja dan mitra driver. Selain itu melalui acara ini juga digelar pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) untuk mitra driver Gojek serta meluncurkan ambulans Gojek. Kendaraan ini antara lain digunakan untuk kegiatan sosial kelompok Unit Reaksi Cepat (URC) yang kerap menolong pengguna jalan maupun driver ojek online yang mengalami kecelakaan di jalan raya.

Vice President Gojek Regional Central Java, Delly Nugraha, mengatakan tak hanya merangkul URC, lembaganya juga menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) apabila terjadi kecelakaan lalu lintas. “Komunitas URC selama ini telah berinisiatif menolong pengguna jalan yang membutuhkan dan kami sangat mengapresiasi hal tersebut. Kami juga berkomitmen memberdayakan mereka melalui pelatihan P3K yang diberikan oleh pihak-pihak yang berkompeten,” kata Delly Nugraha, Jumat.

Ditambahkannya, ambulans Gojek juga bakal rutin mengunjungi tempat-tempat mangkal mitra driver. “Tujuannya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan agar para mitra driver bisa optimal dalam mencari nafkah untuk keluarga,” kata dia.

Ambulans Gojek dilengkapi dengan alat penunjang P3K dan didukung oleh tenaga medis yang siap melayani selama 24 jam.
“Jadi di ambulans ada tim medis dan pengemudi ambulans tersertifikasi sehingga siap memberikan pengobatan dan mengantarkan korban ke rumah sakit saat terjadi kecelakaan lalu lintas atau kondisi darurat lainnya,” ujarnya lagi.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi pada acara buka puasa bersama mengapresiasi upaya Gojek memberikan layanan dan fasilitas optimal bagi masyarakat Jogja dalam hal transportasi online.

Adapun keberadaan ambulans Gojek kata dia turut membantu menangani masalah kecelakaan lalu lintas di Kota Jogja, apalagi kerap terjadi peningkatan jumlah kendaraan di wilayah ini. “Menjelang musim mudik Lebaran seperti saat ini, lalu lintas di Jogja diperkirakan akan mengalami peningkatan. Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan di jalan raya, selalu siaga, dan berharap fasilitas ambulans dari Gojek dapat mendukung upaya pemerintah Kota menekan risiko kecelakaan lalu lintas di jalan raya melalui pelatihan yang komprehensif dan tepat guna bagi mitra driver,” kata Heroe Poerwadi.