Advertisement

5.277 Aparat Gabungan Siap Amankan Mudik Lebaran di DIY Tahun Ini

Yogi Anugrah
Selasa, 28 Mei 2019 - 16:07 WIB
Arief Junianto
5.277 Aparat Gabungan Siap Amankan Mudik Lebaran di DIY Tahun Ini Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri (kiri) dan Danrem 072 Pamungkas, Brigjen Muhammad Zamroni (dua kiri) didampingi Forkopimda DIY saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 di halaman Mapolda DIY, Selasa (28/5 - 2019). Istimewa/Polda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 5.277 personel gabungan dari TNI, Polri, ormas, dan instansi terkait lainnya diterjunkan dalam mengamankan mudik Lebaran 2019 di wilayah DIY.

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan dari jumlah tersebut, sebanyak 2.704 di antaranya merupakan personel dari kepolisian, dan 2.573 lainnya merupakan personel gabungan. “Setiap tahun kami melaksanakan operasi dengan mengandalkan kekuatan maksimal,” kata dia seusai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 di halaman Mapolda DIY, Selasa (28/5/2019).

Advertisement

Dia mengatakan dalam Operasi Ketupat Progo 2019, beberapa hal yang prioritas adalah soal kecelakaan lalu lintas, serta masalah kejahatan yang ada di jalanan seperti begal dan jambret. Saat musim mudik Lebaran tahun ini, dia mengaku berbeda dengan tahun sebelumnya. “Tahun ini masih berkaitan dengan pemilu. Ini juga jadi fokus perhatian kami. Ditambah lagi dengan selesainya sambungan tol Trans Jawa. Walaupun DIY tidak dilintasi [tol] tapi tujuan pemudik ada di DIY,” ujar dia.

Selain itu, kata Dofiri, pada Operasi Ketupat Progo 2019, jajarannya juga akan fokus pada pengamanan di sejumlah objek wisata. Pasalnya dia memperkirakan adanya kepadatan pengunjung di objek wisata, terutama destinasi-destinasi utama.

“Fokus pengamanan kami objek wisata, karena DIY, bagaimanapun juga menjadi kepadatan pengunjung. Menjadi perhatian seperti Pantai Parangtritis karena sering terjadi kecelakaan laut, selain itu, jalur-jalur yang sempit, berkelok, dan menanjak menjadi fokus perhatian, seperti Dlingo [Bantul], dan Patuk [Gunungkidul],” ucap dia.

Senada, Komandan Korem 072 Pamungkas, Brigjen Muhammad Zamroni, mengaku siap mengerahkan kekuatan maksimal untuk membantu Polda DIY. “Kami membantu kekuatan yang cukup untuk membantu Polda DIY. Kami harap kondisi DIY saat Lebaran tahun ini tetap aman dan damai,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement